Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Microsoft Outlook Diserang Peretas Tiongkok

Hacker_DetectedJAKARTA, PCplus – Layanan e-mail Microsoft Outlook telah menjadi korban serangan komunitas peretas Tiongkok akhir pekan lalu. Begitu disiarkan web monitor Tiongkok Greatfire.org.

Kalau pakai web interface, kamu mungkin tidak mengetahuinya. Tapi kamu yang pakai mobile atau desktop client dengan protokol IMAP dan SMTP mungkin telah terkena serangan man-in-the-middle (MITM) baru.

“Jika tuduhan kami benar, serangan baru ini merupakan pertanda bahwa otoritas Tiongkok sedang intens menerobos metoda-metoda komunikasi yang tidak bisa mereka pantau,” tulis Greatfire dalam posting blog-nya.

Ini bukanlah sesuatu yang baru. Tiongkok telah menyebabkan serangan MITM pada sejumlah situs Barat, antara lain his Google, Yahoo dan Apple iCloud. Di banyak tempat di Tiongkok Gmail sampai sekarang tidak bisa diakses.

Serangan terhadap Outlook ini cukup tersembunyi. Para peretas bahkan membuat sertifikat sekuriti palsu yang terlihat asli.Ini kecuali jika Anda melihat asalnya, yakni China Internet Network Infomation Centre yang dikendalikan oleh Cyberspace Administration of China. Cyberspace Administration of China sendiri merupakan bagian dari pemerintah Tiongkok.

Tiongkok memang kurang menyukai produk-produk Microsoft. Tahun lalu Windows 8 dinyatakan sebagai produk mata-mata dan pemerintah Tiongkok mengatakan bahwa seluruh negeri itu berencana pindah ke Ubuntu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer