D-Link Hadirkan Wireless Cloud Router Tri-Band

d-link dir-890lJAKARTA, PCplusD-Link baru saja meluncurkan produk  yang mengemaskan teknologi wireless AC terbaru, yakni DIR-890L Wireless AC3200 Tri Band Gigabit Cloud Router. Artinya, router ini bisa bekerja simultan pada dua frekuensi: 2,4GHz dan 5GHz.

Maksudnya, seluruh anggota keluargamu di rumah bisa ber-Internet dengan lancar, chatting, kirim/terima e-mail di frekuensi 2,4GHz dan streaming video HD, main game online, video chatting di frekuensi 5GHz. Barengan loh. Menurut D-Link, router-nya ini mampu menyediakan kecepatan transfer sampai 3,2Gbps (1300AC + 1300AC + 600N).

DIR-890 yang IPv6-ready ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Fitur Advanced QoS-nya mampu memprioritaskan data sehingga router bisa memastikan data-data yang sedang dialirkan; seperti stream film HD; tidak terputus. Sementara itu fitur Airtime Fairness memastikan penguna bisa terhubung secara otomatis dengan frekuensi yang bandwidth-nya sesuai dengan aktivitasnya.

Enam antena eksternal high-gain yang terpasang di badan router ini diklaim mampu meningkatkan kecepatan transfer data dan memperluas jangkauan sinyal jaringan, sekaligus menghilangkan blank spot sinyal wireless yang disebabkan penghalang atau sinyal yang lemah. Keberadaan 6 antena juga disebutkan dapat mencegah terputusnya koneksi, misalnya kalau kamu yang pakai smartphone/tablet pindah-pindah tempat di dalam rumah.

Berbagai teknologi baru juga telah ditanamkan D-Link pada router barunya, seperti teknologi Advanced AC SmartBeam, SmartConnect technology, SharePort dan mydlink cloud management. Yang disebutkan terakhir adalah app untuk mempermudah kamu berbagi file secara nirkabel dengan menghubungkan perangkat simpan USB-mu ke router (tersedia port USB 3.0 dan USB 2.0), juga memantau jaringan kapan saja dari mana saja.

Jadi kalau PC-mu tak dibekali teknologi nirkabel, kamu tetap bisa berbagi file via portal website. Bikinlah cloud pribadimu dengan SharePort, dan kamu bisa unggah file-file untuk diakses dan disimpan di semua perangkat yang terhubung nantinya.

Jonathan Quek, Marketing Director for D-Link International mengatakan, “DIR-890L Wireless AC3200 Tri Band Gigabit Cloud Router adalah router berkinerja tinggi pertama yang dilengkapi dengan teknologi SmartConnect; sebuah teknologi yang dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan konektivitas dari dan ke perangkat wireless yang memiliki standar AC. D-Link merasa bangga karena telah berhasil menjadi vendor yang pertama, di wilayah Asia Tenggara, yang mampu menghadirkan perangkat router yang meningkatkan kecepatan throughput hingga mencapai 3,2Gbps.”

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer