Hadir, Drive Hybrid Tercepat di Dunia

wd hybridLas Vegas, PCplus – Di ajang Storage Vision 2015 yang digelar awal Januari silam di Las Vegas, Amerika, produsen perangkat penyimpan data Western Digital (WD) unjuk gigi dengan menunjukkan prototipe drive hibrida yang diklaim memiliki kinerja tercepat di dunia.

Drive ini menggunakan antarmuka SATA express PCI-e, 4TB, harddisk hibrida 3,5 inci dan Solid State Drive (SSD) dengan kapasitas sampai 128GB. Sebagai motherboard demo, dipilih besutan ASRock dan Gigabyte.

Dalam uji yang dilakukan WD di laboratoriumnya, drive SATA express kapasitas 4TB dengan cache 64GB mampu menghasilkan skor 4459 di aplikasi uji PCMark8. Bahkan saat dua drive prototipe WD ini dirangkai dalam konfigurasi RAID menggunakan motherboard ASRock, kecepatan drive hampir mencapai 10 gigabit per detik.

wd hybrid test

“Dengan kepindahan ke PCI Express, industri ini menggabungkan bus penyimpanan yang paling populer di dunia dengan bus komputer yang paling populer di dunia. Perpaduan ini menyediakan jalur pertumbuhan yang solid untuk menciptakan inovasi dalam kemampuan baru, sambil menjaga kemampuan untuk memberikan warisan drive SATA ke komputer berbasis SATA Express yang baru,” kata Matt Rutledge (Senior Vice President, Storage Technology, Western Digital) menjelaskan teknologi yang dimilikinya.

Sekadar informasi, drive hybrid merupakan penggabungan teknologi drive SSD dan drive cakram konvensional. Dengan penggabungan ini selain kinerja meningkat, drive bisa punya kapasitas yang lebih besar tapi dengan harga yang tak terlampau mahal.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.