Pengguna Ponsel Makin Terancam

malware smartphoneJAKARTA, PCplus – Pengguna ponsel, smartphone waspadalah. Makin banyak program ponsel yang berbahaya mengincarmu. Tahun lalu, 2014, begitu lapor Kaspersky Lab, jumlah program ponsel berbahaya itu meningkat 2,8x dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2014 Kaspersky Lab mencatat ada 295.500 program baru ponsel yang berbahaya.

Kaspersky Lab juga mengatakan, satu dari lima pengguna smartphone Android mengalami ancaman selular setidaknya satu kali dalam satu tahun. Serangan malware ponsel ini tercatat di lebih dari 200 negara.

Dibandingkan tahun 2013, virus trojan mobile banking pun meningkat. Jumlahnya, kata Kaspersky Lab, mencapai 12.100 virus. Mereka mengincar data pribadi dan juga informasi terkait rekening bankmu. Targetnya tentu saja adalah uang. Sejumlah 53% serangan dengan virus Trojan menyasar uang.

“2011 adalah tahun pembentukan malware mobile, terutama pada perangkat berbasis Android; 2012 adalah ketika mereka mengembangkan dan 2013 adalah ketika mereka mencapai kematangan. Pada tahun 2014 malware ponsel difokuskan pada masalah keuangan: jumlah virus Trojan mobile banking mencapai sembilan kali lebih besar dari tahun sebelumnya dan terus-menerus berkembang di area ini yang mengarah pada tingkat yang mengkhawatirkan,” kata Roman Unuchek, Senior Mobile Malware Analyst di Kaspersky Lab.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer