PC Murah Raspberry Pi Diperbarui dengan Quad-Core

raspberry piJAKARTA, PCplus – Kamu yang suka Raspberry Pi, pasti senang dengan model barunya. Pi 2 Model B+ ini membawa komputer berukuran genggaman tangan ke tingkatan yang benar-benar baru. Dengan SoC (system on chip) quad-core 900MHz yang didukung RAM 1GB, Pi sekarang benar-benar sebuah komputer. Dan yang paling menyenangkan adalah harganya. Tetap US$ 35!

Sebelumnya, Model B+ Raspberry Pi mengusung chip Broadcom BCM2835, dengan satu 700MHz core on board dan RAM 256MB atau 512MB. Raspberry Pi 2 Model B+ yang baru menggunakan Broadcom BCM2836, yang mengandung empat inti 32-bit ARMv7 Cortex-A7 dan RAM 1GB.

Apa sih artinya? Hmm, Raspberry Pi Foundation mengklaim kinerjanya 6x lebih cepat dibandingkan model lama. Eben Uptom yang mengepalai perusahaan ini mengatakan bahwa PC tersebut kini benar-benar bisa dipakai. Memang Raspberry Pi 1 pun bisa dipakai sebagai sebuah PC tapi yang ini PC hebat yang harganya hanya US$ 35.

Raspberry Pi 2 sudah mulai dijual. Tahap pertama disediakan 100.000 unit. Nah kalau tertarik, buruan beli.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer