IBM Paparkan Tiga Strateginya untuk Indonesia

Presiden Direktur IBM Indonesia Gunawan SusantoJAKARTA, PCplus – Teknologi mutakhir tak ada gunanya bila tidak diterapkan bukan? Untuk urusan teknologi, IBM adalah jawara. Perusahaan ini memegang banyak hak paten. Tahun 2014 ia mencatatkan rekor 7534 paten di negara asalnya, AS. Paten yang dipegang IBM beragam, mulai dari analytics dan big data sampai cognitive computing dan neural networks.

Nah di Indonesia, IBM ingin teknologinya tak cuma jadi pajangan, tapi juga benar-benar bermanfaat bagi kehidupan bangsa kita.“Tahun 2015, IBM mau menjadi enabler bagi perusahaan-perusahaan yang mau bertransformasi untuk menghadapi persaingan,” ungkap Gunawan Susanto (President Director, PT IBM Indonesia) tentang strategi perusahaannya dalam jumpa pers di sela-sela acara IBM Solutions Connect 2015 di Jakarta (10/3/2015).

Indonesia, tandas Gunawan, tidak bisa menunggu lagi. “Semua enterprise di Indonesia perlu dan harus mengambil tindakan untuk bertransformasi ke era digital,” tukasnya.

Tahun ini, IBM akan mengembangkan pasar ke SME (small medium enterprise). “Banyak UKM (usaha kecil menengah), kreatif industri yang menjadi penggerak ekonomi. Pengrajin di Jawa Tengah bisa tidak hanya berjualan di Jawa Tengah, tapi bisa mendapatkan pelanggan baru, nasional dan juga regional. Kalau mereka buka toko baru, itu cost. Tapi dengan teknologi cloud, (pengusaha kecil) bisa lakukan bisnis yang tidak hanya brick & mortar. Perusahaan di Indonesia sudah banyak yang kreatif. Startup Indonesia tidak hanya untuk Indonesia tapi global dengan teknologi cloud,” papar Gunawan.

Strategi ketiga IBM adalah menjadi mitra bagi pemerintah. “Menjadi technical advisor. Setidaknya bisa menjadi partner yang lebih proaktif, yang bisa memberikan pandangan ke pemerintah. Contoh, IBM bisa mengingatkan enterprise untuk merencanakan sekuriti yang lebih bagus di dalam dan di luar,” jelas Gunawan.

IBM, kata Gunawan, bisa memberikan paparan ke pemerintah lokal yang berbasis analitik dan mobilitas. Misalnya untuk mewujudkan smarter city. Apa yang sudah dilakukan IBM di berbagai kota di dunia, seperti interaksi dengan pemerintah kota Miami untuk aplikasi sosial media, atau apa yang dilakukan di Rio De Janeiro, bisa dipaparkan IBM kepada pemerintah lokal.

ki-ka: Presiden Direktur PT IBM Indonesia Gunawan Susanto bertukar MoU dengan Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan di Jakarta (10/3/2015). IBM akan membangun lab di BPPT untuk melakukan kajian microgrid untuk listrik cerdas, membuat prototipe dan juga app peramal cuaca.
ki-ka: Presiden Direktur PT IBM Indonesia Gunawan Susanto bertukar MoU dengan Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan di Jakarta (10/3/2015). IBM akan membangun lab di BPPT untuk melakukan kajian microgrid untuk listrik cerdas, membuat prototipe dan juga app peramal cuaca.

Sebagai bukti komitmennya, hari itu ditandatanganilah nota kesepahaman (MoU) antara IBM dan BPPT untuk melakukan kajian microgrid bagi listrik cerdas.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: