Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

IBM Verse, Asisten Pribadi untuk Atur E-mail

ibm verseJAKARTA, PCplus – Kalau kamu setiap hari menerima puluhan atau ratusan e-mail dari bos, klien, rekanan bisnis, teman atau calon klien, mungkin kamu bisa kehabisan waktu menjawabnya satu per satu. Ingin rasanya punya asisten pribadi yang bisa mengaturkan jadwal untuk kamu, mengingatkan kegiatan hari ini dan memberitahu mana e-mail yang prioritas dibalas hari ini dan mana yang bisa ditunda? Tak usah risau, ada IBM Verse.
Ditujukan pada pengguna di kalangan enterprise, software e-mail ini dirancang untuk membuat mail bisa mengatur dirinya sendiri dan tugas-tugas yang harus kamu lakukan menjadi lebih mudah diprioritaskan. Kamu bahkan bisa memintanya untuk membuatkan jadwal rapat dengan rekan-rekan kerjamu sehingga tidak bentrok dengan jadwal yang sudah ada. Konten yang kamu share dengan para anggota tim kerjamu pun bisa diintip tanpa perlu diunduh terlebih dulu.

Foto dari mereka yang penting ditempatkan di sisi kiri atas, sementara yang sering berinteraksi dengan kamu saat itu diletakkan di sisi kanan
Foto dari mereka yang penting ditempatkan di sisi kiri atas, sementara yang sering berinteraksi dengan kamu saat itu diletakkan di sisi kanan

Verse juga akan menempatkan foto dari kontak-kontak yang penting bagi kamu, seperti para atasan kerjamu, di bagian atas kiri. Sementara yang nama-namanya sering berinteraksi dengan kamu akan ditempatkan fotonya di sebelah kanan. Jika diperlukan, kamu bisa memindahkan nama mereka ke sebelah kiri.
IBM Verse, tutur Andi Johan (Country Brand Manager, ICS Software, IBM Software Group, PT IBM Indonesia) dalam jumpa pers di sela-sela acara IBM Solutions Connect 2015 di Jakarta (10/3/2015), merupakan dashboard yang menampilkan semua hal yang penting bagi penggunanya. “Jadi tahu apa yang perlu dilakukan hari ini, e-mail yang harus direspon. Seperti punya asisten pribadi. Juga ada kalender,” jelas Andi.

Beberapa dari fungsi pencarian dan klasifikasi Verse ini dimotori oleh IBM Watson sehingga bisa mempelajari pola komunikasi kamu untuk mencoba memahami orang-orang mana yang penting bagi kamu. Ia kemudian akan menyoroti e-mail-e-mail dari mereka. Sebuah toolbar menyediakan akses satu-klik ke pesan-pesan mutakhir dari orang yang dianggap kontak yang paling penting bagimu. orang berdasarkan data yang ada. Verse sendiri dibasiskan pada sistem mail server IBM Domino.

Apakah Verse ini kelanjutan dari Lotus Notes? Andi menampiknya. “IBM Verse ini dibangun dari nol, untuk enterprise dengan melibatkan para psikolog untuk menganalisa tingkah-laku (manusia) terhadap kebutuhan enterprise. IBM menginvestasikan lebih dari US$ 100 juta untuk ini. Ada integrasinya dengan (IBM) Watson), sekuriti dan lain-lain,” jelas Andi.

IBM Verse, tambah Andi, adalah sudah memadukan e-mail, social media, kalendar digital, dan lain-lain, dalam satu antarmuka. Termasuk di dalamnya adalah video chat dan konten dari jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook.

Verse, kata Andi, akan segera digunakan oleh para karyawan IBM Indonesia. Nantinya, software e-mail ini pun bisa ditawarkan kepada pengguna pribadi.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer