Wuih, 12 Tahun Canon Kuasai Pasar Kamera DSLR Dunia

 

canon eos7d-markiiJAKARTA, PCplus – Sebutlah kamera digital Canon, dan banyak orang mengakui kualitasnya. Tak hanya untuk kamera digital kompak, tapi khususnya untuk DSLR.

Bahkan untuk urusan kamera digital dengan lensa lepas-tukar (interchangeable lens), Canon adalah penguasa  pasar dunia. Selama 12 tahun berturut-turut, mulai dari 2003 – 2014, begitu klaim Canon, mereknya menjadi jawara pasar di dunia.

Kepedulian akan kebutuhan penggunanya disebut Canon sebagai penyebab merek asal Jepang ini bisa mempertahankan posisi teratasnya selama 12 tahun tanpa putus. Maklumlah, selama puluhan tahun Canon mengembangkan sendiri komponen utama, yaitu sensor pencitraan CMOS, prosesor gambar dan rangkaian lensa, yang bekerja menjadi satu kesatuan di kamera DSLR Canon. Teknologi mutakhir pun selalu ditanamkan di seluruh jajaran produk, mulai dari kamera DSLR pemula hingga profesional, sesuai tuntutan pasar.

Kapan sih Canon memproduksi kamera DSLR? Hmm, kamera DSLR sendiri baru muncul tahun 2003. Tahun itu juga Canon merilisnya, yakni EOS Kiss Digital atau EOS 300D. Kompak dan ringan serta bersaing harganya membuat Canon EOS 300D tampil sebagai pemimpin pasar DSRL global.

Sejak saat itu, Canon terus meluncurkan produk-produk baru yang inovatif, termasuk kamera DSLR seri EOS-1D untuk kaum profesional, dan EOS 5D Mark II yang dilengkapi fitur merekam video.

Oktober tahun lalu, Canon meluncurkan EOS 7D Mark II untuk para fotografer yang ingin masuk ke ranah profesional . Seri ini mendapat banyak pujian atas kinerjanya yang memukau. Kemampuan video dan continuous shooting EOS 7D Mark II hingga 10 fps serta Auto Focus yang luar biasa cepat dan akurat menjadi idaman bagi para pecinta fotografi aksi cepat. Kehadiran EOS 7D Mark II semakin menguatkan Canon sebagai pemain kamera DSLR nomor satu di tingkat global.

Posisi kuat Canon juga ditunjang oleh kemampuannya untuk memproduksi lensa seri EF yang kompatibel dengan semua jenis kamera EOS. Per April 2014, Canon telah memproduksi 100 juta lensa seri EF. Saat ini, seri EF sudah terdiri dari 97 tipe, termasuk lensa sinema.

Tahun ini, Canon punya lima kamera baru: EOS 5DS dan 5DS R, EOS 750D dan EOS 760D (untuk kalangan entry-level), dan kamera mirrorless EOS M3.

 

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: