Google for Work Perkuat Kontrol Sekuriti Enterprise

driveJAKARTA, PCplus – Sudah sembilan bulan berlalu sejak Google memperkenalkan Google For Work. Aspek sekuriti pun kini diperkuat dengan tambahan kemampuan untuk mengatur seting share pada tingkat departemen. Jadi mereka yang butuh informasi tertentu, seperti departemen HR (SDM), bisa mengakses file-file yang tidak bisa diakses oleh karyawan dari departemen lain.

Yang juga baru adalah app pemberitahuan, yang bisa diatur untuk memberitahukan admin ketika sebuah tindakan terjadi. Ini misalnya bisa ketika sebuah file yang ditandai sebagai ‘Internal Use Only’ di-bagi-pakai di luar domain atau ketika sebuah akun diakses dari lokasi yang di luar kebiasaan.

Pemicu untuk mengunduh, mengintip (preview) dan mencetak file-file-file sensitif juga akan segera ditambahkan.

Para pelanggan Google Apps for Work juga bisa mengatur untuk mendapatkan pemberitahuan ketika sebuah app baru di-instal atau kalendar yang dipakai bersama-sama (shared) dimodifikasi. Para pemilik dokumen juga akan bisa menonaktifkan pengunduhan, pencetakan dan penyalinan dari menu advanced sharing. Jadi jika kamu hanya mau berbagi-pakai dengan segelintir orang, ya itulah yang dibolehkan.

Selain itu sekarang tersedia opsi bagi para pengguna untuk melihat dokumen bahkan jika mereka tidak memiliki akun Google. Untuk fitur ini tersedia hak admin, jadi jika diperlukan perusahaan bisa mengharuskan adanya akun Google.

Fitur-fitur baru untuk Google for Works, Google Apps dan Google for Education ini disebutkan akan dirilis bulan depan. Kabarnya juga akan tersedia tanggal kadaluarsa untuk akses terhadap dokumen-dokumen tertentu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer