Huawei Ascend P8 Siap Tantang Galaxy S6 dan iPhone

huawei-p8JAKARTA, PCplus – Saingan Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6 datang sudah. Produsen smartphone asal Tiongkok Huawei sudah memamerkan tawaran barunya, Ascend P8.

Penerus seri P7 ini dibekali layar 5,2” dengan resolusi 1920×1080. Memang tidak sebanding dengan layar Galaxy S6 yang Quad HD 2560×1440 577ppi Super AMOLED dengan ukuran 5,1”. Namun menurut Huawei, inilah rasio layar-terhadap-badan smartphone yang paling baik di pasar saat ini.

Secara desain, P8 sungguh menawan. Badannya mulus, unibody, full metal dengan ketebalan 6,4mm. Badannya benar-benar didesain rata. Kendati layarnya lebar, ia enak dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Joonsuh Kim (Head of Huawei mobile design) mengatakan, “Jika pengguna memegang P8, mereka akan mengenali teknologi cutting-edge, solid dengan kualitas premium.” Sekilas, desain P8 serupa dengan iPhone.

Huawei mengklaim kamera handset-nya ini adalah yang pertama yang mengemaskan sensor empat-warna 13MP RGBW, dengan 78% lebih sedikit colour noise di kondisi kurang cahaya. Ini dipadukannya dengan “best in class” Optical Image Stabilisation, sebuah prosesor digital SLR-level imaging signal dan two-tone flash.

Di bagian depan hadir kamera 8MP, yang disebutkan Huawei sempurna untuk aktivitas selfie secara berkelompok (group selfie).
Huawei Ascend P8 dimotori oleh prosesor Kirin 930 octa-core 64-bit 2GHz, RAM 3GB dan storage 16GB. Sebuah slot microSD juga hadir, dan berfungsi juga sebagai slot SIM kedua. Baterai 2680mAh, dan teknologi Signal+ yang menurut Huawei bisa meningkatkan laju koneksi panggilan pun menyertai handset ini.

P8 yang mendukung 4G LTE ini datang dengan OS Android 5.0 Lollipop dan skin Emotion khas Huawei. Emotion mengubah tampilan dan citarasa UI, dan menambahkan sejumlah fitur menyenangkan seperti opsi untuk men-tap layar dengan buku-buku jari untuk mengambil bidikan layar (screenshot).

Selain itu ada fitur yang memungkinkan kamu untuk berteriak jika handset ini kelupaan. P8 akan merespon melalui speaker built-in.

Huawei Ascend P8 akan tersedia dalam pilihan warna champagne, gold, silver dan grey. Di Inggris, ia dibandrol mulai dari €499.
Selain Ascend P8, Huawei juga memamerkan P8 Max untuk mereka yang menginginkan layar dan baterai lebih besar (6,8” dan baterai 4360mAh).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer