Akhirnya, Facebook Dukung Gambar Animasi Berbasis GIF

(ilustrasi: techspy.com)
(ilustrasi: techspy.com)

Merasa heran saat menemukan aneka animasi berbasis GIF salam timeline Facebookmu? Jika ya, kamu bukanlah satu-satunya pengguna yang merasa demikian. Banyak pengguna Facebook sepertinya juga mengalami apa yang kamu rasakan. Ini terjadi sejak Facebook mendukung penggunaan file gambar animasi berbasis GIF dalam timeline pengguna.

Selama ini, Facebook memang tidak membolehkan penggunanya memasang file berbasis GIF di News Feed-nya dalam bentuk embedded. Sebagai gantinya, pengguna hanya boleh memasang tautan (link) ke file tersebut, sehingga akan membawa pengguna ke situs lain.

Sebenarnya, menurut TechCrunch, Facebook telah memiliki dukungan secara built-in terhadap file animasi berbasis GIF setidaknya sejak tahun 2013. Namun, dukungan ini baru dirilis secara resmi pada beberapa hari yang lalu. Dikabarkan, hal yang mengganjal dirilisnya dukungan ini adalah kecemasan Facebook. Facebook dikabarkan khawatir bahwa penggunaan file animasi berbasis GIF ini akan membuat tampilannya menjadi “terlalu khaos” dan akan membuat penuh News Feed pengguna dengan “meme berkualitas rendah”.

“Kami kini meresmikan dukungan terhadap penggunaan file animasi GIF dalam News Feed. Dengan ini, Anda bisa berbagi lebih banyak keceriaan, untuk mengungkapkan aneka hal dengan teman-teman Anda di Facebook,” ujar jubir Facebook.

Pengguna Facebook secara bertahap akan bisa menyalin (copy) tautan file GIF dari from Giphy, Tumblr, Google Images, dan saat pembaruan aplikasi Facebook di perangkat mobile selesai, file GIF ini akan secara otomatis bergerak. File GIF ini lalu akan beranimasi baik saat dilihat di web maupun di aplikasi iOS.

Ristianto W

Menyukai dunia elektronika, Linux, dan jaringan komputer. Saat ini aktif mengelola beberapa server berbasis Linux.