Qualcomm Umumkan Kerja Sama dengan Allwinner

 

QualcommAllwinner2

“Untuk kedua perusahaan kami melihat adanya peluang untuk meningkatkan bisnis. Untuk Allwinner (hal ini) akan membantu mereka untuk masuk ke bagian baru dari pasar, dan melakukan yang sama untuk Qualcomm,” sebut Tim McDonough (Vice President, Marketing, Qualcomm) mengenai kerja sama Qualcomm dan Allwinner yang diumumkan di Taipei, bertepatan dengan Computex 2015 minggu lalu.

Taipei, PCplus – Bertepatan dengan Computex 2015 minggu lalu, Qualcomm mengumumkan secara resmi kerja samanya dengan Allwinner. Kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan tablet yang terkoneksi secara seluler, bukan hanya secara Wi-Fi. Qualcomm akan menyediakan produk premium beserta LTE-nya, sementara Allwinner akan memberikan akses ke pasar tablet termasuk kanal dan keahlian desainnya.

“Kami akan membolehkan Allwinner untuk menghadirkan tablet terjangkau yang terkoneksi dengan LTE di pasar bagi semakin banyak konsumen,” ujar Tim McDonough (Vice President, Marketing, Qualcomm). Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini di pasar tablet dengan kemampuan untuk terkoneksi secara LTE persentasenya sebesar 30% dan 60%-nya menggunakan produk Qualcomm.

Dalam kerja sama tersebut, tablet yang nantinya dihadirkan akan menggunakan Snapdragon 410 dan Snapdragon 210. Qualcomm Snapdragon 410 mengandung quad core ARM Cortex A53 sampai 1,4 GHz, Adreno 306, layar sampai 1920 x 1200 pixel, kamera sampai 13,5 MP, LTE FDD dan TDD Cat 4, serta Wi-Fi 802.11n. Sementara, Qualcomm Snapdragon 210 mengandung quad core ARM Cortex A7 sampai 1,1 GHz, Adreno 304, layar sampai 1280 x 720 pixel, kamera sampai 8 MP, LTE FDD dan TDD Cat 4, serta Wi-Fi 802.11n.

“Kepemimpinan prosesor Qualcomm Snapdragon di industri, dikombinasikan dengan ekosistem tablet produksi Cina yang dimiliki Allwinner, mencerminkan kerja sama yang kuat antara para pemimpin industri,” kata Oliver Tang (Executive vice president Allwinner Technology Co. Ltd.).

Dengan kerja sama ini, pengembangan tablet dengan kemampuan LTE diharapkan bisa dilakukan secara cepat dan cost effective sehingga bisa dihadirkan di berbagai belahan dunia.