Sony Sediakan Android M Developer Preview

PCplus – Android M memang masih baru akan diluncurkan beberapa bulan lagi, namun jika kamu ingin mencicipinya, Sony baru-baru ini menyediakan versi developer preview untuk sejumlah perangkat Xperia.

Berlabel developer preview, versi Android M ini memang bukan dibuat untuk penggunaan sehari-hari, mengingat masih banyak bug yang harus diperbaiki serta feature baru yang mungkin akan ditambahkan lagi. Namun, Son menyediakan developer preview ini untuk para pengembang aplikasi supaya para pengembang bisa mengembangkan aplikasinya agar kompatibel dengan versi Android terbaru saat resmi diluncurkan nantinya.

Langkah Sony ini mengalahkan banyak merk besar lainnya seperti Samsung, HTC, bahkan Motorola yang biasanya cepat dalam menghadirkan update Android terbaru. Sony menjadi produsen pertama yang menyediakan versi developer preview untuk Android M setelah sebelumnya Google menyediakan versi serupa untuk beberapa varian smartphone Nexus.

Tercatat ada dua belas perangkat smartphone dan tablet Sony Xperia yang bisa mencicipi Android M developer preview. Mayoritas adalah Xperia seri Z seperti Xperia Z1, Xperia Z1 Compact, Xperia Z2, Xperia Z2 Tablet, Xperia Z3, Xperia Z3 Compact dan Xperia Z3 Tablet Compact. Selain itu, ada juga beberapa varian lain seperti Xperia E3, Xperia M2, Xperia T2 Ultra, dan Xperia T3. Xperia Z Ultra yang termasuk lawas juga termasuk dalam daftar.

Jika kamu adalah seorang pengembang aplikasi Android dan ingin mencoba aplikasi kamu di Android M, kamu bisa mengunjungi situs Sony untuk mendapatkan dokumentasi serta file ayng dibutuhkan. Sekali lagi PCplus ingatkan, versi developer preview adalah versi awal yang kemungkinan besar masih penuh dengan bug dan tidak direkomendasikan untuk pemakaian sehari-hari.

Steven Irwandi

.

%d bloggers like this: