Besok Windows 10 Resmi Meluncur, Kapan Jadwal Upgrade Gratismu?

windows-10-29-julyJAKARTA, PCplus – Besok, tanggal 29 Juli, Microsoft resmi meluncurkan OS terbarunya, Windows 10. OS ini dijadwalkan meluncur mulai pukul 5 BST (British Summer Time) atau pukul 11 pagi di Jakarta. Upgrade untuk pengguna Windows 7 dan 8.x akan diluncurkan bertahap pada hari-hari berikutnya. Yang mendapatkan giliran pertama adalah mereka yang tergabung dalam program Windows Insider yang telah membentuk evolusi dari “beta’ Windows yang digambarkan Microsoft sebagai “Windows-as-a-service”.

Mereka yang telah merespon permintaan untuk “memesan” copy dari Windows 10 di system tray-nya akan berada di urutan kedua penerima OS tersebut di hari-hari berikutnya. Di belakang mereka adalah para pengguna bisnis yang akan mulai dilakukan pada 1 Agustus.

Peluncuran ini sendiri bukannya tanpa masalah. Sudah ada laporan-laporan bahwa tablet Surface tidak bekerja baik di sistem operasi baru tersebut karena upgrade dan patch otomatis sistem meng-instal driver yang tidak benar untuk mesin tersebut dan akibatnya, mengacaukannya. Selain itu, sistem suara Cortana yang diiklankan cerewet ternyata tampil kaku dan sintetis.

O ya, tak perlu berulang-ulang menekan tombol refresh dengan harapan bisa lebih cepat mendapatkan upgrade. Kamu pasti akan mendapatkannya, bisa besok, atau di akhir minggu. Ingat, ada miliaran mesin yang mau meng-upgrade, jadi mungkin akan ada masalah bandwidth.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa system image sudah diunduh dalam sebuah folder bernama C:\$windows.~BT dan siap go live ketika gilirannya tiba.

Setelah meng-instal, kamu punya waktu 30 hari untuk memutuskan apakah akan menggunakannya atau kembali ke sistem lamamu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer