Waduh, Windows XP jadi Makin Berbahaya

Windows-XP-help – Proteksi terakhir untuk Windows XP, yakni Microsoft Malicious Software Removal Tool, akhirnya dimatikan oleh Microsoft. Langkah ini membuat sistem operasi Windows XP menjadi sasaran empuk bagi peretas. Anti-malware untuk Windows XP tak lagi disediakan oleh Microsoft.

Sebenarnya, Microsoft secara resmi memang sudah menghentikan dukungannya terhadap Windows XP sejak April 2014. Dan sejak saat itu security patch tidak lagi disediakan penguasa sistem operasi desktop tersebut. Namun kini Windows XP benar-benar ditinggalkan oleh Microsoft.

Padahal banyak pengguna Windows XP di seluruh dunia masih bertahan dengan sistem operasi ‘lama’ ini. Menurut Netmarketshare, pengguna Windows XP berjumlah sekitar 12% dari pasar sistem operasi desktop global. Jika dibandingkan tahun lalu, angka ini sudah berkurang setengahnya. Namun XP tetap merupakan sistem operasi ketiga yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Kini, Microsoft juga mengakhiri dukungan resminya terhadap Windows Server 2003. Ini ternyata akan berdampak pada pengguna Windows XP di perusahaan-perusahaan. O ya, Microsot sempat memperpanjang dukungan Windows XP di platform Windows 2003.

“System Centre Endpoint Protection, Forefront Client Security, Forefront Endpoint Protection and Windows Intune juga jalan di Windows XP clients, jadi perusahaan-perusahaan harus lebih memperhatikan pengamanan produk dan lingkungan tersebut,” kata pakar marketing dan komunikasi di perusahaan antivirus enterprise Heimdal Security, Andra Zaharia. “Kami menyarankan agar perusahaan memastikan tidak menyertakan instalasi aktif dari produk-produk tersebut di jaringannya.”

Januari tahun lalu, Microsoft mewanti-wanti,”Penelitian kami menunjukkan bahwa efektivitas solusi anti-malware dari sistem operasi yang tidak lagi didukung adalah terbatas. Menjalankan solusi yang terproteksi dengan baik dimulai dengan menggunakan software dan hardware modern yang dirancang untuk membantu melindungi terhadap lanskap ancaman masa kini.”

Menurut Microsoft, meskipun bisa membuang malware berbahaya, Malicious Software Removal Tool tidak pernah menjadi alternatif untuk proteksi malware yang benar. Kini tanpa lapisan pengamanan tambahan, Windows XP akan menjadi makin rentan terhadap serangan. Beralihnya patches ke versi sistem operasi lain akan membuat para peretas makin mudah menyerang Windows XP.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer