Live, Fitur Baru untuk Figur Publik Pengguna Facebook Mentions

Live People View[2]JAKARTA, PCplus – Kamu figur publik? Sudah punya basis fans yang kuat? Atau baru mau membangun audiens? Setiap hari, lebih dari 900 juta orang terhubung dengan figur publik di Facebook. Bagi figur publik, Facebook punya cara baru agar kamu juga bisa berbagi video secara live dari Mentions dengan para fansmu di Facebook.

Dengan fitur Live, begitu kata Product Manager Facebook Vadim Lavrusik, figur publik bisa menyuguhkan cuplikan behind-the-scenes, mengadakan sesi tanya jawab, memberikan pengumuman, dan masih banyak lagi – secara real time. Ketika kamu memulai video dengan Live, video itu akan muncul di News Feed sehingga fansmu dapat berkomentar, memberi tanda ‘like’ dan berbagi dengan teman-temannya. Mereka yang pernah berinteraksi dengan postinganmu juga akan menerima notifikasi saat siaranmu akan dimulai.

Selama siaran, kamu akan melihat jumlah penonton dan komentar dari fans yang sedang menyaksikan siaran secara real time. Kamu dapat menanggapi komentar secara langsung selama siaran, atau memilih untuk menyembunyikan komentar tersebut.

Setelah siaran berakhir, videomu akan dipublikasikan di Page sehingga fans yang melewatkan video itu dapat menontonnya kembali. Jika kamu lebih suka untuk tidak menyimpan video tersebut, silakan hapus dari Page-mu kapan saja.

Hmm, mau tahu cara memulai siaran langsung dari Facebook Mentions? Ini dia:

1. Pilih Post, lalu pilih Live Video.
2. Tambahkan deskripsi mengenai siaranmu dan pilih Go Live ketika kamu sudah siap.
3. Selama siaran berlangsung, kamu akan melihat berapa banyak penonton yang kamu miliki dan dapat menanggapi komentar secara langsung. Kamu juga dapat menyembunyikan komentar atau mengganti kamera depan dan belakang ponselmu.
4. Akhiri siaran ketika kamu sudah selesai dengan memilih Stop.
5. Videomu akan otomatis tersimpan di Facebook Page kamu bagi para fans agar dapat kembali ditonton. Namun, kamu juga dapat menghapusnya setiap saat, sama seperti postingan lainnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer