Logitech K480: Satu Keyboard untuk Tiga Perangkat

logitech k480JAKARTA, PCplus – Banyak di antara kita yang mungkin mengetik di smartphone, tablet dan notebook secara bergantian. Ini karena OS-nya mungkin tak sama: Android untuk smartphone, iOS untuk tablet, dan Windows untuk notebook. Jadi kalau mau mengetik laporan di PC, ya ngetiknya di keyboard PC. Ketika mau WhatsApp-an, pindah ngetik di smartphone (kecuali sudah pasang WhatsApp Web). Repot dan jadi tidak konsentrasi juga ya kalau harus berpindah-pindah keyboard dan perangkat seperti itu.

Keluhan ini didengar oleh Logitech dan dijawab melalui kehadiran K480. Ini adalah keyboard nirkabel yang bisa melayani tiga platform sekaligus: tablet, smartphone dan notebook. Windows, Mac dan Chrome OS bisa dikenalinya. Begitu juga perangkat Android dan iOS. Jadi kamu cukup pakai satu keyboard berbasis Bluetooth ini.

logitech k480 easy swtich button
Tombol Easy Switch diberi label 1, 2, 3 untuk masing-masing perangkat yang terkoneksi

Putarlah tombol Easy Switch di bagian kiri, maka kamu bisa memindahkan fungsionilitas keyboard di tiga perangkatmu: komputer, smartphone dan tablet. Ada label angka 1, 2 dan 3 di tombol ini yang berasosiasi dengan perangkatmu nantinya. Kalau keyboard sudah terkoneksi kamu akan bisa mengetik laporan di komputer, lalu mengetik kicauan di tablet iPad, atau menjawab WA di smartphone Android. Tidak perlu tambahan app apa pun.

Tombol pairing.
Tombol pairing.

Untuk bisa menggunakan keyboard multi-device ini, kamu cukup melakukan pairing satu kali. Aktifkan fitur Bluetooth di semua perangkatmu dan tekan tombol pairing di Logitech K480 selama tiga detik. Ada dua tombol untuk pairing: PC dan iOS. PC mengacu pada perangkat Android, Chrome OS dan Windows. Lampu akan berkedip-kedip biru saat koneksi terbentuk. Untuk iOS, kamu tidak perlu memasukkan passkey, tapi untuk Windows dan Android perlu. Pairing ini cuma perlu satu kali dilakukan. Kalau kamu mau ganti perangkat, ya tinggal pairing lagi. Tidak perlu unpair perangkat lama ya.

Tablet dan smartphone bisa di-dock di keyboard
Tablet dan smartphone bisa di-dock di keyboard

Begitu perangkat sudah terkoneksi, kamu bisa men-dock tablet dan smartphone-mu di ceruk yang tersedia di bagian atas keyboard ini agar mudah dan nyamsn mengetik. Logitech sudah membuatkan dcok ini sebagai menopang smartphone dan tablet dengan sudut kemiringan yang sesuai untuk membaca sambil mengetik.

Dalam acara media briefing, PCplus sempat mencoba sebentar mengetuk tuts K480. Tutsnya nyaman diketuk, mengingatkan pada mesin tik jaman dulu. Tuts-tuts-nya agak bulat di bagian ujung. Secara fisik, keyboard ini tebal dan agak berat sehingga kurang enak dibawa-bawa. Maklum Logitech mendesainnya untuk diletakkan di atas meja, bukan sebagai keyboard portabel (walaupun kalau mau, bisa saja kamu membawa-bawanya). Hmm, ada tombol Start Windows dan tombol Command Mac OS loh.

Dua baterai AAA menyertai keyboard ini
Dua baterai AAA menyertai keyboard ini

Keyboard ini didayai dua baterai AAA yang diklaim bisa bertahan selama 2 tahun. Kedua baterai ini sudah terpasang di bagian belakang keyboard dan kamu tinggal mencabut label pelindungnya.

Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480 tersedia dalam dua pilihan warna: hitam dengan bagian dock berwarna kuning, atau putih dengan bagian dock berwarna abu-abu. Kamu bisa memilikinya dengan dana Rp 689 ribu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: