Oracle HCM Cloud Berdayakan Tenaga Kerja Digital

workerJAKARTA. PCplus – Jaman sekarang, perusahaan dituntut untuk gesit, cepat bertindak tapi tak sembrono. Untuk itu tentu saja perlu SDM yang baik.

Namun perlu juga diingat bahwa teknologi digital juga telah mengubah ‘budaya’ karyawan. Karena itu perusahaan harus punya strategi baru: menciptakan adanya kolaborasi, mengoptimatisasi manajemen kandidat, menyediakan wawasan tenaga kerja yang lengkap, meningkatkan efisiensi operasional, dan memudahkan semua pihak untuk terhubung dengan perangkat apa pun.

Untuk membantu perusahaan menemukan dan mempertahankan tenaga kerja terbaik dan meningkatkan kelincahan perusahaan di arena global, Oracle punya solusi bernama Oracle Human Capital Management Cloud (Oracle HCM Cloud). Bagian dari Oracle Applications Cloud Release 10, rilis terbaru dari Oracle HCM Cloud ini baru diperbarui, antara lain gaya kerja, optimatisasi tenaga kerja, manajemen posisi, manajemen kinerja, dan analitik yang kuat, semuanya dihasilkan oleh pengalaman pengguna yang menarik dan modern.

Menurut Oracle, aplikasi-aplikasi baru untuk gaya kerjanya antara lain Manajemen Reputasi, Kesejahteraan Pegawai, Kompetisi, dan Pengembangan Karir, sudah melampaui aplikasi SDM yang tradisional untuk meningkatkan interaksi karyawan dengan menyatukan proses, inovasi, serta komunitas karyawan.

Sementara untuk memenuhi tuntutan tenaga kerja digital yang semakin meningkat, solusi ini menciptakan interaksi pengguna dengan menyatukan pengalaman pengguna di semua perangkat dan browser, guna menciptakan produktivitas di kegiatan sehari-hari.

Kemampuan analitik Oracle HCM Cloud juga telah ditingkatkan sehingga hasil analitiknya dapat menyediakan jawaban untuk menajer SDM dan pimpinan lini bisnis lainnya mengenai hal-hal mendesak, misalnya evaluasi masa pension karyawan dan penilaian hasil pelatihan dan pengembangan karyawan. Selain itu ada tambahan kemampuan untuk mengembangkan data yang berhubungan dengan SDM dari berbagai sumber menjadi suatu data yang komprehensif, yang bisa disebar ke seluruh divisi untuk penilaian tenaga kerja. Data ini bisa dengan mudah dimasukkan ke perangkat mobile melalui user interface drag-and-drop yang cepat dan intuitif.

Rilis terbaru Oracle HCM Cloud ini disebutkan bisa membuat perusahaan lebih efisien secara operasional. Solusi mobile baru untuk penilaian kinerja misalnya, memungkinkan bagian SDM untuk merespon karyawan dengan lebih cepat dan efektif.

Kemampuan optimisasi tenaga kerja memudahkan perusahaan global untuk memenuhi kebutuhan di negara/wilayah setempat. Misalnya, mengetahui tanggal liburan di negara setempat untuk dimasukkan ke kalender global. Kemampuan lainnya, yaitu manajemen penggajian dan fungsi untuk industri tertentu.

“Untuk memanfaatkan semua perubahan akibat masuknya teknologi digital di lingkungan kerja, perusahaan perlu memanfaatkan praktik terbaik SDM modern dengan cepat, mudah, dan efektif dari segi biaya,” kata Chris Leone (Senior Vice President, Applications Development, Oracle). “Rilis terbaru dari Oracle HCM Cloud didesain khusus untuk membantu perusahaan global memanfaatkan SDM modern dan memasukkan sejumlah inovasi yang menarik, terutama di gaya kerja, yang akan membantu pelanggan kami mendapatkan hasil bisnis yang positif.”

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: