Ini Spesifikasi dan Harga Keluarga Xperia Z5

PCplus – Sony baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya, Xperia Z5, di gelaran IFA 2015, Berlin, Jerman. Kali ini Sony menghadirkan Xperia Z5 dalam tiga varian, Xperia Z5 Premium, Xperia Z5, dan Xperia Z5 Compact.

Sebagai varian tertinggi, Xperia Z5 Premium dibekali dengan spesifikasi paling wah. Yang paling menonjol adalah layar 5,5 inci yang memiliki resolusi 4K. Sony Xperia Z5 Premium ini menjadi smartphone pertama di dunia yang mengadopsi layar dengan resolusi tersebut. Smartphone ini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 810 serta memiliki RAM berkapasitas 3 GB. Kapasitas baterainya juga yang terbesar dibanding saudaranya yang lain, yaitu 3.430 mAh.

Xperia Z5 Premium
Xperia Z5 Premium

Sony Xperia Z5 hadir dengan ukuran layar 5,2 inci, sama dengan pendahulunya, Xperia Z3 dan Xperia Z3+. Resolusi layarnya pun masih sama, yaitu full HD 1080 x 1920 piksel. Smartphone ini berbagi dapur pacu yang sama dengan Xperia Z5 Premium, yaitu chip Qualcomm Snapdragon 810 dengan RAM berkapasitas 3 GB. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, kapasitas baterainya malah sedikit mengecil menjadi 2.900 mAh.

Xperia Z5
Xperia Z5

Xperia Z5 Compact hadir dengan dimensi yang lebih ringkas, sesuai dengan namanya. Varian ini memiliki layar sebesar 4,6 inci dengan resolusi HD 720 x 1280, sama dengan Xperia Z3 Compact, si pendahulunya. Namun, smartphone ini juga sama-sama menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 810 seperti varian Xperia Z5 lainnya. Hanya saja, kapasitas RAM-nya dikurangi menjadi 2 GB. Untuk baterainya, smartphone ini punya baterai berkapasitas 2.700 mAh.

Xperia Z5 Compact
Xperia Z5 Compact

Untuk memori internal, ketiganya memiliki kapasitas yang sama, yaitu sebesar 32 GB. Ketiganya juga mempunyai slot kartu memori microSD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Sony memperkenalkan sensor serta lensa baru untuk ketiga varian smartphone ini. Sensor Exmor RS terbaru ini memiliki resolusi 23 mega piksel dan diklaim dibuat khusus untuk lini Xperia saja.

Sony juga memperkenalkan feature pemindai sidik jari pada keluarga Xperia Z5 ini. Ketiganya akan menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 dengan update Android M (Marshmallow) yang akan menyusul nantinya.

Ketiga smartphone ini akan meluncur ke pasaran mulai bulan Oktober mendatang. Di Eropa, harga yang ditawarkan adalah £700 untuk Xperia Z5 Premium, £600 untuk Xperia Z5, serta £550 untuk Xperia Z5 Compact.

Steven Irwandi

.