Sasar Millenials, Lenovo Gerakkan SIAP MAJU

President Director Lenovo Indonesia Rajesh Thadani
President Director Lenovo Indonesia Rajesh Thadani

 JAKARTA, PCplus – Kendati smartphone merajalela, PC ternyata belum akan ditinggalkan pengguna. Komputer, notebook, tetap dibutuhkan, khususnya oleh pengguna pertama (first time buyer/user), mulai dari mahasiswa sampai karyawan baru.

Riset pasar GfK pada Agustus lalu menunjukkan pasar PC justru naik. Porsinya yang di tahun 2014  sebesar 33%, naik menjadi 39% di tahun 2015. Ini terjadi di kota-kota sekunder, bukan di kota-kota besar.

Potensi pasar ini langsung dimanfaatkan oleh Lenovo dengan meluncurkan program SIAP MAJU. “Kini kami melihat bahwa secondary cities akan memainkan peran yang semakin penting bagi pertumbuhan bisnis Lenovo di Indonesia, ” ucap Rajesh Thadani (President Director, Lenovo Indonesia) dalam acara peluncuran di Jakarta (1/10/2015).

“Targetnya anak-anak muda, usia 18 – 35 tahun. Mereka yang mau sukses, mau mencari pengalaman baru, suka nongkrong, gadget-savvy, mencari produk berkualitas bagus, value for money tapi tidak tahu kapan harus start dan apa yang diperlukan,” papar Diantika (Consumer Marketing Lead, Lenovo Indonesia).

Para anak muda (millenials) ini, kata Diantika, perlu menyiapkan dua hal, yakni mental dan fisik. “Mental seperti pengetahuan, inspirasi, keterampilan. Fisik, yakni aset real termasuk laptop. Lenovo ingin mendorong millenials untuk mencapai cita-cita bersama Lenovo dengan mengenalkan inspiring figures untuk berbagi pengalaman. Juga menyediakan produk bagus yang (harganya) terjangkau,” kata Diantika.  “Millenials tidak cuma cari harga murah tapi juga kualitas,” tambahnya.

Para tokoh muda dihadirkan Lenovo untuk menginspirasi kaum millenials yang menjadi target program Lenovo SIAP MAJU
Para tokoh muda dihadirkan Lenovo untuk menginspirasi kaum millenials yang menjadi target program Lenovo SIAP MAJU

Khusus untuk program SIAP MAJU, Lenovo menyodorkan dua produk: notebook ultraramping15,6″  ideapad 100-151BY dan tablet multi-mode Yoga 300. Lenovo juga menggandeng tokoh-tokoh muda untuk ‘mempromosikan’ programnya. Mereka antara lain penulis Alanda Kariza, chief engineer sepatu pria lokal merek Brodo Yukka Harlanda, perupa Aditya Novali dan blogger traveler Bening Rara Pratita. Para tokoh muda ini akan berbagi pengalaman yang menginspirasi para millienial.

Dalam kampanye SIAP MAJU, Lenovo menggelar road show di Manado, Denpasar, Banjarmasin, Padang, Pekan Baru dan Jambi sampai akhir Oktober 2015. Di kota-kota tersebut, Lenovo menghadirkan tokoh-tokoh muda lokal sebagai inspirator untuk berbagi pengalaman.

Spesifikasi ideapad 100 sebagai berikut: layar 15,6″,  OS Windows 8.1 Bing atau DOS, tebal 2,26cm, bobot 2,3kg, prosesor Intel BayTrail M N2840, RAM DDR3 2GB, dan hard disk 500GB. Produk ini dijual Rp 3,699 juta untuk versi Windows 8.1 Bing, atau Rp 3,499 juta untuk versi DOS.

Lenovo Yoga 300, bisa diposisikan dalam empat moda: laptop, stand, tent dan tablet
Lenovo Yoga 300, bisa diposisikan dalam empat moda: laptop, stand, tent dan tablet

Sementara spesifikasi tablet Yoga 300 adalah layar sentuh LED HD 11,6″ yang bisa diputar 360 derajat, OS Windows 8.1 Bing, port USB 2.0 dan US 3.0, HDMI, fitur Dolby Home Theater, prosesor Intel Celeron dual-core N2840, RAM DDR3 4GB dan hard disk 500GB. Tablet dengan bobot 1,1kg ini mengusung empat moda: laptop, stand, tent dan tablet, dengan baterai yang diklaim bisa bertahan sampai 5 jam pemakaian.  Yoga 300 dibandrol Rp 5,099 juta

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer