Delapan Cara Aman Belanja Online

online shopping2JAKARTA, PCplus – Tahun baru sudah di depan pintu. Ada yang lupa belum kamu beli untuk menyambut tahun baru? Atau keperluan sehari-hari? Enaknya sih belanja online. 


Cuma kalau belanja online, kamu perlu hati-hati. Jangan langsung tergiur potongan harga yang besar ya! Maksudnya, jangan langsung klik atau masuk situs yang menawarkan promosi menarik. Bisa jadi itu akal penjahat siber yang ingin menjebak kamu.

Tapi kamu juga tak perlu terlalu kuatir. Kamu bisa tetap aman belanja online kok. Asal kamu perhatikan beberapa tips yang telah dirangkum oleh Kaspersky Lab di bawah ini.

 

  1. Hindari ransomware – jangan membuka lampiran e-mail yang berasal dari situs yang tidak dikenal, dan ingatlah untuk selalu melakukan backup data kamu.
  2. Waspada terhadap situs phishing – jangan mengklik tautan mencurigakan yang dikirim melalui e-mail, SMS atau messanger.
  3. Buatlah password yang kuat – kombinasikan huruf, angka dan karakter unik untuk membuat para hacker sulit melakukan aksinya.
  4. Berbelanja di situs yang terpercaya – carilah informasi yang mendalam mengenai situs yang kamu kunjungi sebelum nantinya kamu menyerahkan data kartu kredit kamu ke dalamnya.
  5. Hindari melakukan transaksi lewat Wi-Fi publik – para penjahat siber sangat gemar mencuri data pribadimu lewat jaringan Wi-Fi yang tidak aman.
  6. Matikan Bluetooh, gunakan data ponsel kamu – langkah sederhana ini akan membuat ponselmu terhubung dengan koneksi yang aman.
  7. Tolak segala freeware – ‘hal’ ini mungkin gratis, tapi berpotensi membawa malware di dalamnya.
  8. Hindari e-mail yang berisi tiruan bukti konfirmasi transaksi – hal tersebut bisa menjadi umpan dari para penjahat siber.

Eh tapi pada akhirnya pilihan menjelajahi situs yang aman ada di tanganmu ya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer