Jobplanet, Situs Berbagi Informasi Seputar Dunia Kerja

Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia (kiri) dan Kinam Kim, Regional Director Jobplanet

Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia (kiri) dan Kinam Kim, Regional Director Jobplanet

Tak sebandingnya antara angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan merupakan masalah klasik yang terjadi di Indonesia. Selain itu, calon tenaga kerja fresh graduate-pun sering tidak punya gambaran apa yang mereka inginkan dan ke mana karir yang ingin mereka tuju.

Kondisi ini dilihat sebagai peluang oleh Jobplanet (Jobplanet.com). Hadir sejak Agustus 2015, Jobplanet menyediakan platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai seluk-beluk perusahaan.

Informasi tersebut mulai dari review tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, info gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Platform ini dikembangkan untuk menjadi sumber informasi dan referensi terpercaya bagi para pencari kerja dan karyawan yang ingin meningkatkan karir mereka.

“Selama ini, informasi mengenai seluk-beluk perusahaan serta informasi soal gaji dan kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja amat sulit didapatkan oleh para pencari kerja,” sebut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet Indonesia. “Informasi mengenai gaji terutama, dipandang sebagai hal yang bersifat rahasia dan kurang pantas untuk dibicarakan dengan orang lain,” sebutnya.

Hal ini, Kemas menambahkan, menjadi tantangan terbesar para pencari kerja dalam menggapai karir yang mereka impikan, yang juga menyebabkan banyak calon karyawan salah langkah dalam melakukan negosiasi gaji atau gagal dalam tes wawancara kerja.

“Jobplanet ingin membantu para karyawan dan calon pekerja mempersiapkan diri mereka untuk mendapatkan karir terbaik sesuai dengan talenta dan harapan mereka,” sebut Kemas.

Tak hanya membantu para calon pekerja dan membantu karyawan dalam meraih atau meningkatkan karir mereka, kehadiran Jobplanet di Indonesia juga dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas serta tingkat kepuasan karyawan mereka.

“Melalui website kami, HRD atau perwakilan dari perusahaan dapat membaca secara langsung pendapat dari para karyawan mengenai suasana dan budaya kerja, serta keunggulan dan kelemahan perusahaan di mata mereka,” sebut Kemas. “Informasi ini tentunya akan sangat berguna bagi perusahaan dalam menilai tingkat kepuasan karyawan, sekaligus membandingkan kualitasnya dengan perusahaan lain yang bergerak dalam industri yang sama,” ucapnya.