Disney CHEFS, Jaminan Keamanan Panganan di Disneyland

disney chefsJAKARTA, PCplus  – Keamanan makanan? Ya, kalau di luar  sana, keamanan makanan yang tersaji di restoran atau rumah makan adalah hal penting. Restoran bisa ditutup kalau makanannya dianggap tidak aman.

Di taman bermain Walt Disney Parks dan Resorts yang tersebar di beberapa negara (AS, Disneyland Paris, Disneyland Hongkong,  Shanghai Disney Resort) misalnya. Di 700 gerai makanan dan minuman yang berada di lokasi Walt Disney Parks dan Resort itu, sajian dijaga kualitasnya dengan bantuan solusi Disney CHEFS. Solusi ini juga diterapkan di Disney Cruise Line.

Apa sih Disney CHEFS? Ini adalah solusi keamanan makanan yang didukung oleh  iCertainty. Sistem software Disney CHEFS secara elektronik dapat memantau setiap aspek persiapan – mulai dari cuci tangan sampai memasak dan suhu penyimpanan. Disney CHEFS juga dapat memberi peringatan kepada karyawan jika suhu makanan tidak tepat atau ketika terdapat pengukuran penting yang belum tercatat, sehingga membantu menghindari potensi masalah sebelum hal tersebut menjadi pokok persoalan.

Solusi Disney CHEFS mengikuti panduan internasional sistem Hazards Analysis Critical Control Point (HACCP) yang mengidentifikasi tindakan-tindakan pencegahan yang harus dilakukan perusahaan untuk menjaga makanan agar tetap aman – dan menguraikan kontrol dan proses yang harus diikuti untuk memastikan penerapan tindakan-tindakan pencegahan tersebut.

Karyawan restoran bisa menggunakan komputer mobile Zebra MC40 yang menyediakan akses satu sentuhan ke semua checklist dan prosedur HACCP yang wajib ditaatinya. Pengukuran suhu nirkabel dengan komputer mobile MC40 Zebra, Disney CHEFS yang terotomatisasi, dan dukungan sistem software iCertainty dapat menghadirkan informasi secara real-time tentang kinerja keamanan makanan.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer