Yuk Akses Daftar Hiburan Pesawat dari Smartphone

companion app siaJAKARTA, PCplus – Kamu yang terbang dengan maskapai Singapore Airlines (SIA) main dimanjakan saja nih. Bahkan sebelum kamu boarding (naik pesawat), kamu bisa melihat-lihat daftar video dan audio yang tersedia di sistem hiburan pesawat  (in-flight entertainment – IFE) selama penerbangan nanti. Kamu sudah bisa membuat daftar video dan audio favorit yang akan kamu dengarkan dari perangkat pribadimu.

Ini dimungkinkan melalui companion app yang dikembangkan khusus untuk Singapore Airlines oleh Mobile Travel Technologies bekerjasama dengan Panasonic Avionics. SIA menjadi maskapai pertama di dunia yang memberikan layanan tersebut pada sistem hiburan penerbangan (in-flight entertainment) dari Panasonic di dalam kabin pesawat.  Aplikasi tersebut telah tersedia pada perangkat tablet serta smartphone (iOS dan Android) pada kuartal kedua tahun 2016.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu harus meng-instal aplikasi Singapore Airlines sebelum keberangkatan pesawatmu. Setelah berada di pesawat, kamu dapat menghubungkan perangkatmu ke IFE KrisWorld via koneksi WiFi dalam pesawat.

Nah, kamu bisa putar audio maupun video yang sudah kamu pilih tadi dengan menggunakan smartphone sebagai remote control. Jadi kamu bisa pause, play, atau skip pada konten media yang ada dalam sistem IFE.

Kamu bisa multitasking loh, misalnya browsing melalui indeks KrisWorld pada ponsel sambil nonton film di layar monitor di sandaran kursi. Kamu juga dapat mengakses informasi secara real-time untuk mengetahui proses penerbangan serta jalur penerbangan tanpa menganggu film yang tengah ditonton.

Asal tahu saja, sistem hiburan dalam pesawat (in-flight entertainment – IFE) KrisWorld dari Singapore Airlines menawarkan sampai 295 film, lebih dari 470 program TV, serta lebih dari 450 album CD setiap bulannya.

Keren bukan? Tapi di mana nih bisa melakukannya? Fitur-fitur di atas sementara hanya tersedia di Airbus A350-900. Tapi SIA menjanjikan akan menyediakannya pada Boeing 777-300ER dan pesawat lainnya.
 
“Aplikasi ini menawarkan lebih banyak informasi serta kendali yang lebih besar, baik sebelum ataupun setelah berada di dalam pesawat. Kami juga sangat gembira menjadi maskapai pertama di dunia yang menawarkan sebuah aplikasi terbaru untuk para pelanggan kami,” kata Tan Pee Teck (Senior Vice President Product and Services Singapore Airlines).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer