Siap Edar di Tanah Air, Jam Pintar Generasi Kedua Motorola

 

moto 360 42mmJAKARTA, PCplus – Generasi pertama jam pintar Motorola, Moto 360, memang tidak beredar resmi di tanah air. Namun generasi keduanya, begitu jelas Efendi Susanto (Lead Trainer, MBG, PT Lenovo Indonesia) pada sneak preview di Jakarta (11/3/2016), akan dijajakan secara resmi di Indonesia oleh Lenovo yang mengakuisisi Motorola beberapa waktu lalu.

Kalau ditilik sekilas, jam pintar Moto 360 generasi kedua itu nyaris tak beda dengan jam tangan biasa. Maklum desainnya memang seperti lazimnya jam tangan yang fisiknya bulat. Juga ada tombol kecil di sisi kanan badannya yang letaknya agak ke atas. Ini bukan untuk memutar jarum jam ya, tapi untuk ditekan mengaktifkan layar yang ‘tertidur’.

Dikemas dalam silinder transparan. Wireless charging docking terserta di dalamnya
Dikemas dalam silinder transparan. Wireless charging docking terserta di dalamnya

Moto 360 ini dikemas dalam sebuah silinder transparan. Selain jam pintar, ada wireless charging docking dan kabel daya di dalam silinder tersebut.

Selain merupakan jam tangan yang menunjukkan waktu, Moto 360, tutur Efendi, merupakan fashionware. Karena itu pilihan strap-nya tidak hanya satu warna. Ada yang berwarna cognac brown, rose gold atau all black.

Jam tangan pintar ini bisa digunakan oleh pria maupun perempuan. Ada dua ukuran (diameter) yang tersedia: 46 mm dan 42 mm. Khusus yang 42 mm, strap-nya bisa dipilih yang lebarnya 20 mm atau 16 mm. Sedangkan yang berdiameter 46mm hanya disediakan dengan lebar strap 22 mm – cocok buat kaum lelaki dengan pergelangan tangan besar.

Moto 360, kata Efendi, dilengkapi fitur-fitur yang mempermudah penggunanya agar bisa menyeimbangkan waktunya agar tidak selalu menatap dan mengecek layar ponselnya untuk melihat pesan e-mail, WhatsApp, atau telepon. Jika ada pesan masuk atau panggilan telepon, kamu tinggal melihat layar Moto 360 yang badannya terlilit di pergelangan tanganmu. Tidak usah repot mengeluarkan ponsel dari saku baju atau tas.

Tidak harus selalu mengecek layar handphone, khususnya ketika sedang berkendaraan. Tinggal lirik jam tangan untuk melihat notifikasi dari pesan atau panggilan telepon yang masuk di handphone
Tidak harus selalu mengecek layar handphone, khususnya ketika sedang berkendaraan. Tinggal lirik jam tangan untuk melihat notifikasi dari pesan atau panggilan telepon yang masuk di handphone

“Kalau naik motor, enak. Kalau ada telepon masuk atau pesan WhatsApp, tinggal cek di (layar) jam (di pergelangan tangan). Sehingga tidak terganggu karena harus mengecek handphone. Tidak harus menepi dulu,” jelas Efendi.

Karena Moto 360 sudah mendukung fitur gesture, kam tinggal menyentakkannya ke arah kiri atau maju mundur untuk memunculkan notifikasi di layarnya. Jika ingin melihat detilnya, silakan swipe ke kiri.

Moto 360 generasi kedua ini bisa kamu koneksikan via WI-Fi ke ponsel Android atau iPhone. Untuk Android, OS-nya minimal harus Android 4.3. Sedangkan untuk iOS, kamu bisa mem-pairing-nya (via Wi-Fi) dengan iPhone 5, 5c, 5s, 6 dan 6 Plus dengan iOS 8.2+.  

Eh kapan ya Moto 360 generasi kedua ini akan beredar di tanah air? Sebentar lagi, kata Efendi, tanpa mau mengungkap tanggal tepat maupun harga resminya. Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Lenovo Indonesia.

Sekadar info, kendati belum resmi dipasarkan di Indonesia, jam pintar Moto 360 generasi kedua ini sudah tersedia di situs Lazada.co.id dengan harga Rp 6 jutaan. Semoga saja harga resmi dari Lenovo Indonesia lebih terjangkau ya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer