App Baru Google Allo Berbahaya?

 

google alloJAKARTA, PCplus – Google baru saja meluncurkan app messaging bernama Allo. Menurut cicitan whistleblower Edward Snowden di Twitter, Allo sebaiknya tidak kamu pakai karena tidak aman.

Kok gitu? Hmm, bBerbeda dengan WhatsApp dan layanan iMessage Apple, Google Allo memang tidak menawarkan enkripsi ujung-ke-ujung secara default. Pengecualian berlaku kalau pesan dikirim via moda Incognito. Fitur tersebut bisa diaktifkan.

Allo (diucapkan ‘aloe’) adalah upaya Google untuk memperbarui app text messaging-nya. Google menyisipka asisten virtual ke dalam app itu, sebuah evolusi dari layanan OK Google yang ada di smartphone Android. Framework learning machine Knowledge Graph Google .memungkinkan asisten menggali usulan jawaban-jawaban dari pesan teks dari teman-temanmu.

Terdengar simpel ya, tapi rumit di bagian belakang karena Google menggunakan mesin belajar yang adidaya, jaringan neural dan Google Search untuk memahami pesan yang dikirim orang, yang kadang-kadang tidak jelas. Ia juga bisa mengetahui apa yang ada dalam sebuah pesan gambar dan mengusulkan jawaban yang sesuai.

Menurut Google, gaya personalmu akan dipelajari dan kamu diberi jawaban-jawaban yang sesuai. Contoh, jika seorang teman mengirimimu gambar bayinya, asisten akan menyaraknkan jawaban seperti ‘That’s cute’. Hmm, teknologi di balik asisten ini sangat cerdas dan membuat Siri besutan Apple ketinggalan.

Google juga menjejali Allo, yang dijanjikannya tidak akan menggantikan Hangouts, dengan fitur enkripsi ujung-ke-ujung, kemampuan untuk memperbesar dan mengecilkan ukuran teks, dan opsi untuk mengeset tanggal kadaluarsa pada teks seperti pada Snapchat. App ini akan hadir di iOS dan Android pada musim semi.

App baru Google lainnya adalah Duo, yang menawarkan video calling. App gratisan ini dirancang untuk muda dipakai, dan mengalirkan video pada resolusi 720p yang dioptimalkan untuk bekerja dengan baik pada koneksi internet yang kurang cepat dan bandwidth terbatas.

App video-calling ini memanfaatkan enkripsi ujung-ke-ujung untuk mencegah peretas mengintip obrolan videomu. Juga ada fitur Knock Knock yang menampilkan live video previews dari si pemanggil.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer