Enak Nih, tak Perlu Instal untuk Bisa Buka App

 

androidJAKARTA, PCplus – Ada kabar menyenangkan datang dari Google pekan lalu di ajang I/O.  Google mengumumkan Android Instant Apps, sebuah fitur yang memungkinkna kamu membuka app tanpa menginstal-nya terlebih dulu.

Merespon permintaan dari pada developer yang ingin orang bisa mengakses dan memakai app lebih cepat, Google mengembangkan fitur yang memampukan pengembang untuk memanfaatkan modul-modul yang memungkinkan pengguna mobile web membuka sebuah app tanpa benar-benar meng-instal-nya.

Mengunduh dan meng-instal sebuah app biasanya memakan waktu beberapa menit, tetapi Android Instant Apps memungkinkan pengembang mem-partisi app dalam bagian-bagian kecil yang bisa di-load dalam beberapa detik. Pengembang harus menggunakan ijin Android Marshmallow atau Android N permissions, dan setiap modul tidak boleh lebih besar dari 4MB.

Begitu app telah di-update untuk mendukung fitur ini, pengguna cukup men-tap sebuah URL dan membuka app nstant Android, bahkan jika ia belum menginstal app lengkapnya. Jika suka dengan app tadi, ia tinggal mengklik tombol di ujung kanan atas untuk meng-instal versi lengkap dari app.

“Sebagai pengembang, kamu tidak perlu membangun app baru yang terpisah. Ini API Android yang sama, project yang sama, dan source code yang sama,” jelas Suresh Ganapathy (Product Manager di Google).

“Kamu cuma perlu meng-update app Android yang ada untuk bisa memanfaatkan fungsionalitas Instant Apps.  Bahkan beberapa pengembang cuma perlu kurang dari satu hari untuk melakukannya. Tapi ini tergantung pada struktur app-mu”

Yang menyenangkan, Android Instant Apps kompatibel ke belakang dan bisa berfungsi pada sebarang smartphone yang menjalanka Jelly Bean dan versi setelahnya.  Artinya, 95,7% dari pengguna Android bisa memanfaatkan fitur ini

Saat ini Google sedang menguji Instant Apps dengan sejumlah mitranya, antara lain BuzzFeed, Hotel Tonight dan Disney, dan akan memperluas akses bagi para pengembang dan menyajikan Instant Apps kepada para pengguna akhir tahun ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer