Yuk, Bikin App untuk Dukung Jakarta Smart City

ibmlinux challengeJAKARTA, PCplus –  Smart city bukan sekadar isapan jempol loh. Surabaya misalnya adalah contoh smart city yang baik. Walikota Surabaya bisa memantau kondisi kotanya, termasuk lampu pengatur lalu lintas dan pintu air dari perangkat bergerak di mana saja berkat penerapan TIK.

Hmm, kalau ibukota negara kita yakni Jakarta bagaimana? Jakarta punya program yang disebut Jakarta Smart City. Aplikasi Qlue misalnya adalah salah satu app pihak ketiga yang mendukung Jakarta Smart City. App ini bisa diakses siapa saja. Tetapi mungkin perlu juga aplikasi-aplikasi lain besutan developer lokal, termasuk untuk mengatasi kemacetan lalu lintas..

Nah agar makin banyak developer lokal bisa menawarkan aplikasi pendukung Jakarta smart city, Pemprov DKI menjalin kerjasama dengan IBM untuk mengadakan kompetisi membuat aplikasi yang mendukung smart city. Nama lombanya “IBM Linux Challenge 2016”.

Loh mengapa IBM ikut repot? Dijelaskan oleh Al Novam Basukiwijaya (Country Manager Hardware IBM Indonesia), IBM telah mendukung beberapa kota di negara lain seperti Rio De Jeneiro – Brazil dan Davao – Filipina dalam mewujudkan smart city. Karena itu IBM Indonesia berharap ajang lombanya dapat melahirkan berbagai aplikasi yang kelak dapat digunakan masyarakat luas Jakarta

“Pemerintah Provinsi DKI berpartisipasi dalam mewujudkan Jakarta menjadi kota pintar, untuk itu berupaya memaksimalkan pelayanan bagi seluruh warga dengan membangun infrastruktur Teknologi yang memadai seperti Intelligence Operating Center (IOC) IBM”, kata Setiaji (Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City). “Melalui ajang ini kami berharap untuk menemukan aplikasi yang dapat menjadi bagian solusi kemacetan dan banjir yang merupakan masalah terbesar di kota Jakarta saat ini.”

Jadi siapa yang boleh ikut lomba? Ada dua kategori peserta sih: Mahasiswa dan Profesional. Yang perlu diingat, aplikasi yang disertakan dalam lomba harus dibuat dengan menggunakan platform berbasis Linux/Open Source.


O ya, juga ada kategori untuk para developer yang mau mengembangkan aplikasi lokal untuk menciptakan aplikasi yang dapat digunakan pada keuangan mikro.

Kalau tertarik, silakan daftar sebelum 1 Juni 2016. Nanti akan dipilih 10 peserta terbaik yang akan mendapat pendampingan dalam membangun aplikasi tersebut. Selain menjadi bagian dari perkembangan kota Jakarta yang akan menerapkan aplikasi pemenang kompetisi pada Jakarta Smart City, pemenang juga akan menerima hadiah tunai yang didukung oleh PT Avnet Datamation Solution dan PT Global Infotech Solution sebagai mitra IBM Indonesia serta pendampingan dalam memasarkan aplikasinya.