Qualcomm Sodorkan Snapdragon 821, Tercepat Saat ini

qualcomm snapdragonJAKARTA, PCplus – Selama ini, SoC (system on chip) untuk perangkat mobile flagship yang paling banyak dicari adalah Qualcomm Snapdragon 820. Chip efisien ini dirancang kustom dengan CPU 64-bit Kyro dengan clockspeed sampai 2,2GHz.  Nah sekarang sudah ada yang lebih cepat, yakni Snapdragon 821.

SoC ini, kata Qualcomm, kinerjanya 10% lebih bagus. Di jantung Snapdragon 821 tetaplah Jyro, yang dibangun dengan proses manufaktur FinFET 14nm. Namun clockspeed-nya tidak terhenti pada 2,2GHz, tapi bisa mencapai 2,4GHz. Tambahan 200MHz sepertinya tak berarti, tapi jika diterjemahkan menjadi peningkatan kinerja 10% dari skenario sebenarnya, maka tambahan tersebut bisa membantu teknologi dan app baru seperti virtual reality, augmented reality, dll.

Tentu tidak berarti  Snapdragon 820 mendadak jadi kuno. Menurut Qualcomm,  Snapdragon 821 adalah tambahan keluarga jajaran SoC Snapdragon 800, dan bukan pengganti Snapdragon 820. Sekadar tahu, Snapdragon 820 terpasang antara lain di Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, LG  G5, dan HTC 10.

Menurut Qualcomm, perangkat komersial yang mengadopsi Snapdragon 821 akan muncul semester kedua tahun ini.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: