Sip, Opera Sediakan VPN Gratis untuk Android

opera_vpn-pr-android-1aJAKARTA, PCplus – Kamu yang pakai IoS sudah sejak Mei lalu bisa menikmati aplikasi VPN (virtual private network) Opera.  Namun kamu yang pakai Android tak perlu iri. Kini Opera VPN juga sudah tersedia di Android. Gratis! Dengan kapasitas data tak berbatas!

Untuk apa sih pakai VPN? Aplikasi VPN dapat meningkatkan privasi kamu dalam berinternet, menghilangkan cookies pelacak iklan, memudahkan kamu mengakses lebih banyak konten di Internet, memperluas jangkauan geografis aplikasi, sampai menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi). Intinya, kamu bisa berselancar secara anonim, tanpa mengungkap identitas dirimu.

Loh bukankah sudah ada aplikasi VPN lain selama ini seperti ? Menurut Chris Houston (President of SurfEasy, Divisi VPN Opera), aplikasi Opera VPN untuk Android-nya beda dengan aplikasi VPN lain. Tawaran Opera menyodorkan layanan gratis. “Tanpa batas penggunaan data, log-in, fitur perlindungan Wi-Fi canggih, dan tanpa perlu berlangganan,” jelas Houston.

Opera VPN, tambah Houston, sudah dipasangi Olaf, maskot yang merupakan bangsa Viking. “Kenapa Viking?  karena bangsa Viking tidak mengenal batasan dan mereka sama sekali tidak takut akan Wi-Fi publik. Aplikasi Opera VPN juga bisa menjadi penjaga para pengguna ponsel untuk perlindungan diri virtual,” tutur Houston.

Untuk memeriksa apakah jaringan Wi-Fi dienkripsi, milik umum atau pribadi, dan mengetahui jumlah perangkat lain yang tersambung, alat uji Wi-Fi pada Opera VPN akan melakukan scan. Alat ini juga dapat mengetahui apakah alamat IP dan lokasimu akan terpampang, dan apakah orang lain dapat memantau atau mengendus rincian dari perangkat milikmu. Jika mendeteksi adanya kelemahan, kamu akan disarankan untuk mengaktifkan VPN.

Alat uji ini akan memberikan skor, mulai dari A, yang berarti jaringan aman, sampai F, yang berarti jaringan tidak aman dan pengguna harus ekstra hati-hati dalam menggunakan jaringan tersebut.

Tertarik? Silakan coba. Opera VPN untuk Android tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Perancis, Jerman, Jepang, Portugis, Rusia, Polandia dan Spanyol. Kamu bisa memilih
server dari lima lokasi: Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura dan Belanda.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

%d bloggers like this: