Benchmark Performa Intel Iris Xe Max

Intel kembali memulai langkah pembuatan VGA discrete, alias VGA non onboard (bukan on chip atau on die). Langkah tersebut dilakukan bersamaan dengan peluncuran prosesor teranyar mereka Core generasi ke-11 TigerLake.

Sebagai awalan, mereka menghadirkan Intel Iris Xe Max graphics yang menggunakan 768 unified GPU core, memiliki kecepatan core GPU pada 1650MHz dan memory speed-nya di 2133MHz. Memorinya ini bukan shared dengan memori utama sistem, melainkan dedicated 4GB LPDDR4.

GPU baru tersebut punya teknologi yang disebut sebagai Deep Link yang memungkinkan integrated GPU dan dedicated GPU bekerjasama untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Sayangnya, sejauh ini belum banyak software yang mampu memaksimalkan fungsi baru yang ditawarkan Intel itu.

Meskipun lebih dari sekadar VGA onboard biasa, Intel sendiri memasarkan Xe Max sebagai GPU yang ditujukan untuk Artificial Intelligence dan machine learning accelator. Bukan untuk gaming. Tetapi, seperti apa performanya pada aplikasi 3D dan juga gaming?

Baca selengkapnya.

One thought on “Benchmark Performa Intel Iris Xe Max

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: