Tuesday, March 19, 2024
Enterprise dan Korporasi

Mengapa Bisnis Memerlukan Software ERP

Software ERP adalah salah satu jenis software yang sangat krusial dalam perkembangan bisnis perusahaan. ERP atau Enterprise Resource Planning memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki baik berupa infrastruktur, alat, bahan serta sumber daya manusia dalam perusahaan agar dapat digunakan secara efektif dan efisien saat melakukan produksi, maupun penjualan.

Sistem ERP juga berkaitan dengan bagaimana perusahaan mampu secara realtime mendeteksi supply sumber daya yang menipis, untuk kemudian memberikan notifikasi pada divisi purchasing untuk segera melakukan pengadaan bahan. Di sisi penjualan, software ERP dapat dengan mudah menganalisis kebutuhan supply dan demand di tingkat distribusi.

software ERP
Gambaran software ERP

Sementara itu di dalam proses produksi manufaktur, software ERP berperan penting untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan dalam pelaksanaan produksi produk, mengorganisir sistem pergudangan secara terpadu dan real time. Software ERP manufaktur terbaik juga mampu memberikan dukungan kepada top management perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis berdasarkan data realtime akan kondisi perusahaan.

Lebih lanjut mengenai sistem ERP ini bisa dilihat pada artikel berikut

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

One thought on “Mengapa Bisnis Memerlukan Software ERP

Komentar kamu