Tuesday, May 28, 2024
Berita Teknologi

Harga ASUS ROG Ally dan Spesifikasinya Resmi Dirilis.

Jakarta, PCplus Live – ROG Ally, konsol gaming terbaru besutan ASUS, resmi diluncurkan hari ini (5/11). Dikutip langsung dari acara peluncuran livenya secara global, ASUS membuka semua tabir misteri ROG Ally yang memang membuat para penggemar konsol game penasaran terutama soal harga dan spesifikasinya.

Menggunakan Teknologi AMD

Saat dikenalkan oleh Shawn Yen (Product Management Director of Gaming Business Unit, ASUS), ROG Ally sepenuhnya menggunakan teknologi prosesor dan grafis dari AMD. Ryzen Z1 yang memiliki arsitektur Zen 4 dengan fabrikasi 4nm menjadi dapur pacu utama ROG Ally. Prosesor dengan 6 core dan 12 thread ini diklaim sebagai prosesor handheld gaming tergesit yang pernah dibuat.

Baca Juga: ROG Strix SCAR 16 (G634), Laptop Gaming 16-inci Paling Powerful

Bersama prosesor tadi, tersemat AMD Radeon Navi 3. Sebuah chip grafis yang dibangun dengan arsitektur RDNA 3 terbaru milik AMD dan diklaim punya kecepatan sampai 2.8 teraflops. Bahkan, Shawn juga menunjukkan kalau ROG Ally yang menggunakan prosesor Ryzen Z1 Extreme bisa menyentuh angka sampai 8.6 teraflops. Khusus yang terakhir disebut, punya spek prosesor yang lebih keren, 8 core dan 16 thread.

ASUS ROG Ally

Layar Mini tapi Maksi

Lantas, apa lagi yang menarik di ROG Ally selain 2 komponen di atas? Layar 7 inci-nya. Dengan kontras rasio 1000:1, 100% sRGB, response time 7 milidetik, dan resolusi Full HD, layar ROG Ally yang bisa disentuh itu mampu menampilkan frame rate sampai 120Hz dengan densitas piksel 314ppi. Oh ya, karena termasuk dalam perangkat mobile yang rawan terbentur, layar ini juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, yang katanya, bisa bertahan dari pecah saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter.

Memang sih, ROG Ally dirancang khusus sebagai konsol gaming yang bisa dibawa-bawa. Tapi menurut Shawn, fungsinya bisa lebih dari itu. Dengan aksesori tambahan ROG Gaming Charger Dock, ROG Ally bisa dihubungkan ke televisi melalui port HDMI 2.0 yang terdapat di aksesoris ini. Jadi, selain bisa isi ulang baterai lewat port USB Type C di ROG Ally, kita bisa main bareng keluarga atau teman di televisi layar besar. Seru ya.

Aksesoris Untuk Tenaga Lebih Besar

Aksesoris lain yang nggak kalah keren adalah ROG XG Mobile. Memang, aksesori ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan grafis di seri laptop ROG Flow. Tapi ternyata, ASUS memberikan port dukungan yang sama di ROG Ally agar bisa ikut memanfaatkan tenaga si XG Mobile tadi. Kalau sudah begini, harusnya sih, game apapun sudah bisa dilibas. Karena saat artikel ini ditulis, ROG XG Mobile sudah punya spesifikasi grafis sampai Nvidia GeForce RTX 4090.

Nah, buat yang penasaran dengan harga ASUS ROG Ally, Shawn memberi bocoran harga yang cukup menarik. Untuk ROG Ally dengan prosesor AMD Ryzen Z1, memori 16GB dan storage 512 gigabyte SSD, dibandrol seharga 599 dollar Amerika (sekitar 8,8 juta rupiah di kurs 14,700). Sedangkan yang menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme dibandrol 699 dollar Amerika (sekitar 10,3 juta rupiah di kurs 14,700). Keduanya baru akan tersedia di situs belanja online Best Buy pada kuartal 3 2023.

Sebagai catatan, harga tadi tidak mencerminkan harganya secara global. Bisa saja, perangkat dengan spesifikasi yang sama, masuk ke Indonesia dengan harga lebih murah, atau malahan lebih mahal. Kita tunggu saja, semoga sih harga di Indonesia lebih murah ya. (PCplus Live/Si Ciplus)

Mau ikutan pre-order ASUS ROG Ally? di sini

Spesifikasi ASUS ROG Ally

Spesifikasi ASUS ROG Ally

Main Spec.ROG Ally (RC71L)
CPUAMD Ryzen Z1 Series
Operating SystemWindows 11
Memory16GB LPDDR5
Storage512TB NVMe™ M.2 SSD
Display7-inch, FHD 16:10 (1920 x 1080), IPS-level 120Hz, 7ms, 100% sRGB, AMD Freesync Premium
GraphicsAMD Radeon Navi3
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x card reader (microSD) 
ConnectivityWi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2
Weight608 gram
ColorsWhite
Published PriceAMD Ryzen Z1 (USD 599); AMD Ryzen Z1 Extreme (USD 699)

Komentar kamu