Monday, February 26, 2024
TrikTutorial

Hemat Kuota Saat Nonton Youtube? Ini 5 Tipsnya

Hemat kuota saat nonton Youtube? Emang bisa?

Kamu mungkin termasuk yang hobi nonton Youtube. Ya, platform video besutan Google ini termasuk yang punya pengguna tertinggi. Tapi, kendala yang dialami banyak orang adalah, kuota yang cepat habis saat nonton Youtube.

Baca Juga: YouTube Go, Aplikasi YouTube yang Ringan dan Hemat Kuota

Nah, PCplus punya 5 tips buat hemat kuota saat nonton Youtube, ini dia:

  1. Optimalkan Kualitas Video
    Salah satu penyebab terbesar penggunaan data yang tinggi di YouTube adalah kualitas video. Video beresolusi lebih tinggi mengonsumsi lebih banyak data, jadi pertimbangkan untuk menyesuaikan pengaturan ke kualitas yang lebih rendah. Untuk melakukannya, klik ikon pengaturan di pemutar video dan pilih resolusi yang lebih rendah, seperti 480p atau 720p. Dengan menurunkan kualitas video, kamu dapat mengurangi penggunaan data secara signifikan dan menghemat pulsa.
  1. Memanfaatkan Koneksi Wi-Fi
    Kapan pun memungkinkan, sambungkan ke jaringan Wi-Fi saat nonton video YouTube. Jaringan Wi-Fi tidak dihitung dalam penggunaan data seluler, sehingga kamu dapat menikmati video tanpa khawatir akan melebihi batas data. Baik di rumah, kantor, atau tempat umum seperti kafe, manfaatkan koneksi Wi-Fi yang tersedia untuk menghemat kuota.
  2. Simpan Video di Wi-Fi
    Apabila kamu tahu kalau tidak akan memiliki akses Wi-Fi untuk jangka waktu tertentu, pertimbangkan untuk menyimpan video ketika sedang tersambung ke Wi-Fi. Aplikasi YouTube memungkinkan kamu mengunduh video untuk ditonton secara offline. Cukup ketuk tombol unduh di bawah video, dan video tersebut akan disimpan di perangkatmu untuk ditonton nanti. Dengan melakukan ini, kamu dapat mengurangi penggunaan data seluler.
  3. Aktifkan Mode Penghemat Data
    YouTube menawarkan mode Penghemat Data di dalam aplikasi selulernya untuk membantu mengurangi konsumsi data. Cara mengaktifkannya, buka aplikasi YouTube, buka Pengaturan > Umum > Penggunaan data, dan aktifkan “Batasi penggunaan data seluler.” Mode Penghemat Data mengoptimalkan kualitas video dan mengurangi penggunaan data dengan mengompresi video. Dengan mengaktifkan opsi ini, kamu bisa menikmati video YouTube tanpa membebani kuota.
  4. Lacak Penggunaan Data
    Untuk menjaga kendali atas pulsa kamu saat menggunakan YouTube, penting untuk memantau penggunaan data. Sebagian besar ponsel pintar punya fitur pelacakan data bawaan yang menunjukkan berapa banyak data yang sudah kamu pakai. Periksa penggunaan data secara teratur dan bandingkan dengan batas kuota. Dengan cara ini, kamu akan mengetahui pola konsumsi dan dapat menyesuaikan kebiasaan menonton YouTube untuk menghemat kuota.

Komentar kamu