Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Apple Uji iPhone Lipat, Hasilnya?

Jakarta, PCplus – Apple dikabarkan sedang mengembangkan iPhone lipat secara internal. Seperti dikutip PCplus dari Ars Technica, perangkat bari ini berdesain clamshell yang bisa dilipat seperti seri Samsung Galaxy Z Flip. Bukan seperti ponsel yang mirip tablet seperti Galaxy Z Fold atau Google Pixel Fold.

Baca Juga: iPhone 15 Dirilis 12 September

Ponsel-ponsel tersebut juga dikatakan “dalam tahap pengembangan awal” atau “bisa dibatalkan.” Jika mereka berhasil meluncurkan produknya ke pasar, kemungkinan besar tidak akan terjadi sebelum tahun 2025.

Seperti dijelaskan dalam laporan, Apple memiliki daftar panjang tantangan desain yang dihadapi dalam mengembangkan ponsel lipat. Perusahaan mendiang Steve Jobs ini mengatakan kalau perangkat bisa terlalu tebal saat dilipat dan mudah rusak. Biaya produksinya juga lebih mahal dari versi non-lipat. Ada juga masalah tentang sambungan di tengah layar yang cenderung terlihat dan terasa. Serta engsel akan menghalangi perangkat saat diletakkan atas meja.

Banyak dari tantangan tersebut terdengar tidak asing. Karena itu memang daftar rinci dari hampir semua hal buruk yang bisa kamu temukan di ponsel Android lipat saat ini. Bahkan setelah beberapa muncul beberapa generasi penerusnya. Pixel Fold pertama kami bahkan tidak bertahan sampai masa pra-rilis. Keandalan perangkat yang terbukti tidak sesuai harapan, ditambah biaya yang relatif berhasil mengurangi 1,6 persen dari semua penjualan smartphone.

Itulah kenapa, menjadi masuk akal jika Apple akan mencoba beberapa langkah besar saat mereka memikirkan era baru desain iPhone lipat. Beberapa ulasan tentang iPhone 15 menyebut mereka sebagai “bentuk akhir” iPhone. Sejauh ini terasa seperti tidak banyak ruang untuk terus meningkatkan desain layar penuh ala iPhone X yang dikembangkan sejak 2017. Ponsel lipat hanya akan ada di masa depan Apple jika perusahaan ini dapat mengatasi masalah yang sama yang telah menghambat ponsel lipat lainnya. Meskipun harus diakui, Apple selalu bisa menghadirkan perangkat yang keren sejauh ini.

Komentar kamu