Wednesday, April 17, 2024
Review HardwareReview ProdukSmartphone

Review Sharp AQUOS Sense8 – Mid-range Berdesain Compact

Jakarta, PCplus – Belakangan ini, trend smartphone compact alias berukuran ringkas, mulai bermunculan. Meski belum banyak brand yang mengusung desain smartphone compact, namun keberadaannya cukup menggoda bagi pengguna yang mendambakan smartphone ringkas dengan performa all-rounder yang merata. Nah kebetulan PCplus kedatangan Sharp AQUOS Sense8 yang keren ini, yuk kita review fitur-fiturnya.

Baca Juga: Uji Smartphone Flagship Sharp AQUOS R8s Pro

Sebelum Review, Kita Unboxing Sharp AQUOS Sens8

Paket standar penjualan Sharp AQUOS Sense 8

Hal pertama yang saya lakukan setelah menerima paket smartphone dari Sharp AQUOS Sense8 ini tentu saja adalah membongkarnya. Berikut ini adalah beberapa item yang kita dapatkan dalam paket pembelian smartphone Sharp AQUOS Sense8 :

  • Unit Smaprthone Sharp AQUOS Sense8
  • Kepala Charger hingga 30W
  • Kabel Data/Charger tipe C
  • USB OTG tipe C
  • Earphone
  • Transparent Case
  • Kartu Garansi
  • Kartu SIM Perdana Telkomsel

Proses video unboxing bisa kalian simak di bawah ini :

Pada awalnya, PCplus merasa kaget, karena tidak menemukan adanya SIM Tray Ejector pada paket smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini. Berulang kali diperiksa, baik di dalam box maupun di lantai (kuatir jika terpental saat membuka), namun tetap saja SIM Ejector itu tidak ditemukan. Sampai pada akhirnya slot SIM card pada smartphone Sharp AQUOS Sense8 dicek, dan menemukan hal ini :

Untuk membukanya, ternyata mudah. Cukup dicongkel dengan menggunakan ujung kuku saja. Kira-kira prosesnya seperti pada video berikut ini :

Adapun slot SIM card yang dimiliki oleh smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini bertipe Dual Slot dengan Slot 1 untuk SIM card dan Slot 2 untuk memory card bertipe microSD dengan kapasitas hingga 1TB. Informasi yang tercantum di website resminya, smartphone ini bahkan sudah mendukung eSIM, tapi PCplus tidak mencobanya.

Jika kalian perhatikan, terlihat ada garis merah di bagian dekat tutup SIM Tray. Garis merah tersebut berbahan karet, yang berfungsi sebagai seal. Hal ini dikarenakan, smartphone Sharp AQUOS Sense8 sudah mengantongi sertifikasi IP Rating IP6X yang menjadikannya tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Tidak hanya itu, smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini juga telah mengantongi sertifikasi Military Grade (MIL-STD 810H), membuatnya menjadi sebuah smartphone dengan ketangguhan luar biasa, yang mampu menahan beban hingga 6kg dan tetap dapat berfungsi normal meski terjatuh dari ketinggian 1,22 meter.

Review Benchmark Sharp AQUOS Sense8

Untuk mengetahui gambaran performa yang ditawarkan oleh smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini, PCplus melakukan review menggunakan aplikasi Antutu Benchmark yang sudah lazim digunakan dan dipercayai oleh sebagian besar reviewer di seluruh dunia. Hasil skor Antutu Benchmark untuk smartphone Sharp AQUOS Sense8 adalah sebagai berikut :

Skor Antutu yang diperoleh smartphone Sharp AQUOS Sense8, yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 pertama di kelasnya, mencapai angka 480 ribuan, nyaris menembus 500 ribu. Sebetulnya, dengan skor seperti ini, aktivitas bermain game sudah sangat nyaman dan menyenangkan. Namun, bermain game di smartphone ini terkendala oleh ukuran layarnya yang tergolong mungil. Meski demikian, performa yang ditawarkan oleh smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini sudah lebih dari cukup untuk melakukan penyuntingan video atau foto yang diambil dengan kamera smartphone ini. Jika kalian ingin melihat proses benchmarking yang sudah kami lakukan, silakan disimak pada video berikut ini :

Charging

Smartphone Sharp AQUOS Sense8 memiliki baterai berkapasitas 5000mAh. Meski kepala chargernya memiliki daya 30W, namun smartphone ini sudah mendukung Rapid Charging 18W.

Untuk mengisi daya dari 10% sampai penuh 100%, diperlukan waktu kurang lebih 2 jam saja. Maklum, hanya 18W kekuatan pengisian dayanya.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, mampu bertahan kurang lebih 2 harian. Aplikasi yang paling sering digunakan adalah Instagram dan Telegram. Selain itu, ada juga aplikasi penyunting foto dan video (Capcut).

Review Kamera Sharp AQUOS Sense8

Smartphone Sharp AQUOS Sense8 memiliki kamera utama beresolusi 50MP yang tergolong sangat besar. Selain itu, terdapat kamera ultra-wide dan kamera depan yang memiliki resolusi sebesar 8MP.

Untuk setting/konfigurasi pada kamera Sharp AQUOS Sense8, bisa kalian simak pada video berikut ini ya :

Sebagai smartphone berukuran ringkas, kemampuan kameranya boleh dibilang sangat baik untuk dijadikan sebagai perangkat kamera point & shoot. Seperti sang kakak, Sharp AQUOS R8s/Pro, tone warnanya cenderung natural, tanpa ada saturasi agresif yang seringkali memberikan kesan lebay pada hasil foto yang diambil.

Yang cukup menarik lagi adalah kemampuan pembesaran hingga 8x, tidak hanya pada kamera utama, tapi juga pada kamera depannya. Fitur zoom pada kamera depan, apalagi hingga 8x, belum menjadi hal yang lazim pada sebagian besar smartphone masa kini. Untuk mengetahui seperti apa mode pembesaran pada kamera belakang smartphone Sharp AQUOS Sense8, bisa kalian simak pada gambar-gambar berikut ini :

Sejauh pengalaman PCplus menggunakan smartphone ini, pembesaran yang masih cukup baik yang bisa diambil adalah 6x pembesaran. Berikut ini adalah perbandingan foto yang diambil dalam mode normal dan mode 8x pembesaran.

Saat digunakan untuk mengambil foto di dalam ruangan (indoor), memang diperlukan pencahayaan yang memadai agar hasil foto yang dihasilkan tetap jernih dan tajam. Kemampuan kamera Sharp AQUOS Sense8 dalam menaklukkan backlight juga tergolong cukup baik.

PCplus juga sempat menjajal kemampuan kamera Sharp AQUOS Sense8 ini dalam menangkap foto siluet, hasilnya cukup mengagumkan.

Jika kalian suka memotret obyek dengan menonjolkan detil-detil, kamera smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini mampu memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi bagi mereka penggemar fotografi mainan.

Untuk fotografi luar ruangan, khususnya pemandangan, kamera smartphone Sharp AQUOS Sense8 ini juga tidak disangka-sangka, bisa memberikan hasil yang luar biasa memesona!

Selanjutnya, PCplus akan membahas kemampuan perekaman kamera video dari smartphone Sharp AQUOS Sense8..

Review Video Sharp AQUOS Sense8

Setiap perekaman video yang saya lakukan, minimal menggunakan resolusi Full HD dengan 30-60 FPS. Untuk perekaman mode normal, pada obyek yang bergerak, hasilnya cukup memadai. Hasil rekaman videonya bisa dilihat berikut ini :

Sedangkan fitur perekaman video yang saya sukai adalah mode slow-motion. Mode ini benar-benar memberikan efek sinematik yang mumpuni meski diambil hanya dengan menggunakan smartphone.

PCplus juga sempat mencoba perekaman video sambil bergerak, dengan mengaktifkan fitur stabilizer, baik menggunakan kamera utama/belakang, maupun kamera depan. Dan hasilnya bisa disimak pada video-video berikut ini :

Sempat juga dicoba perekaman video dengan memanfaatkan fitur pembesaran gambar hingga 8x, baik dengan menggunakan kamera depan dan belakang. Berikut ini adalah video hasil rekamannya :

Kesimpulan

Smartphone Sharp AQUOS Sense8 merupakan smartphone dengan ukuran compact yang memiliki performa mumpuni untuk dijadikan sebagai daily driver. Sertifikasi military grade yang dimiliki, menjadikan smartphone ini tangguh untuk digunakan dalam segala kondisi, termasuk di dalam air. Kualitas layarnya juga sangat baik untuk smartphone berukuran mungil.

Teknologi NFC-nya juga memudahkan pengguna dalam bertransaksi di era digital. Namun, sebagai smartphone harian, kualitas kamera yang dimiliki juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski tidak memiliki sensor sebesar sang kakak, Sharp AQUOS R8s Pro, namun kualitas gambar foto yang ditangkap terlihat sangat baik dan natural.

Namun ada beberapa catatan mengenai smartphone ini. Yang pertama adalah model kamera depan-nya masih terlihat “jadul”, di era punch hole yang lazim digunakan. Yang kedua adalah di segmen harganya, sebagai smartphone mid-range, harga yang ditawarkan tergolong cukup tinggi, namun bisa dipahami mengingat kualitas yang ditawarkan memiliki standar Jepang yang memang terkenal tinggi.

Komentar kamu