Tuesday, April 30, 2024
Berita Teknologi

Kerja sama Fortinet dan Samsung Untuk Keamanan Siber Maritim

Jakarta, PCplus – Fortinet dan Samsung Heavy Industries telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) untuk melakukan kerja sama dalam bidang keamanan siber maritim untuk kapal. Upacara penandatanganan MOU diadakan di Customer Briefing Center Fortinet Korea dengan dihadiri perwakilan dari kedua perusahaan.

Baca Juga: ICSA Lab Sertifikasi “Advanced Threat Defense” Fortinet

Samsung Heavy Industries memiliki kompetensi teknologi dan kemampuan manufaktur yang siap pakai dalam pembuatan kapal dan bisnis kelautan. Mereka juga memiliki kemampuan desain dan konstruksi topside. Ini merupakan desain bagian atas kapal yang tidak terkena air dan merupakan inti dari fasilitas pengembangan maritim.

Pada April 2022, Perhimpunan Badan-Badan Klasifikasi Internasional (International Association of Classification Societies/IACS) mengadopsi UR E26 dan E27. Tujuannya untuk melindungi kapal dari ancaman siber internal dan eksternal. UR E26 bertujuan memastikan integrasi yang aman antara peralatan Teknologi Operasional (Operational Technology/OT) dan Teknologi Informasi (Information Technology/IT) ke dalam jaringan kapal selama seluruh siklus hidupnya. UR E27 bertujuan memastikan integritas sistem diamankan dan diperkuat oleh penyedia peralatan pihak ketiga. Kedua UR ini akan diterapkan untuk kapal-kapal baru yang dikontrak untuk konstruksi pada dan setelah tanggal 1 Juli 2024 sebagai persyaratan wajib.

Kerjasama Fortinet dan Samsung perkuat keamanan berbasis OT

Melalui kerja sama ini, Fortinet dan Samsung Heavy Industries berencana memperkuat keamanan siber maritim. Mereka juga siap mematuhi peraturan keamanan baru dari IACS. Selain itu, kerja sama Fortinet dan Samsung ini ditujukan untuk memperluas basis pasar keamanan siber. Sekaligus menerapkan teknologi masa depan seperti segmentasi jaringan, layanan keamanan berbasis protokol OT. Pemantauan dan kendali jarak jauh dari darat, serta pengembangan kapal otonom juga termasuk bagian kerja sama ini.

Fortinet akan mendukung perancangan keamanan siber maritim yang kuat dengan solusi platform Fortinet, optimalisasi solusi untuk beroperasi di lingkungan maritim, dan pelatihan produk Fortinet. Mereka juga akan memperkuat keamanan OT dan inovasi digital untuk industri keamanan siber maritim. Dengan kolaborasi ini, mereka berkomitmen untuk memastikan keselamatan operasional kapal dan menghadapi ancaman siber yang semakin meningkat.

Komentar kamu