Thursday, June 20, 2024
Berita Teknologi

Tips Mengamankan Akun Tiktok

Jakarta ,PCplus – Apakah kamu pengguna TikTok? Atau mungkin keluarga dan teman kamu. Jika sering menggunakan platform ini, mungkin kamu telah menemukan berita yang tersebar di internet dalam 24-48 jam terakhir. TikTok, jejaring sosial yang populer, telah mengonfirmasi adanya celah keamanan yang memungkinkan hacker menguasai akun pengguna. Jangan dilewatkan, karena PCplus punya tips mengamankan akun Tiktok kamu.

Baca Juga: Snaptik: Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

Bagaimana TikTok Bisa Diretas?

Masalah keamanan ini timbul dari eksploitasi zero-click yang dimanfaatkan oleh kelompok berbahaya untuk mengambil alih akun terkenal (dan mungkin juga akun kecil) melalui fitur pesan langsung di TikTok. Sampai saat ini, ada beberapa akun yang terdampak, antara lain CNN, Paris Hilton, dan Sony. Yang membuat situasi ini lebih kompleks adalah bahwa pengguna tidak perlu mengklik tautan yang mencurigakan. Cukup dengan membuka pesan langsung di TikTok, malware bisa aktif. Menurut pernyataan resmi, perwakilan TikTok menyatakan bahwa mereka serius menangani kerentanan ini. Dan telah mengambil langkah-langkah untuk menghentikan serangan tersebut.

“Kami telah bertindak cepat untuk menghentikan serangan ini dan mencegah kejadian serupa di masa depan. Kami juga bekerja sama dengan pemilik akun yang terpengaruh untuk mengembalikan akses mereka, jika diperlukan.” Ini adalah situasi yang terus berkembang, dan kami akan memperbarui informasi ini seiring dengan munculnya detail baru yang bisa memberikan konteks tambahan.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

Mengingat eksploitasi zero-click sangat sulit untuk dicegah, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk mengurangi risiko, terutama pada profil media sosialmu:

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik. Tautan terlemah sering kali adalah kata sandi. Pastikan kata sandimu unik dan tidak digunakan ulang di platform lain. Jika kamu kesulitan membuat kata sandi yang kuat, pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi.
  • Aktifkan Otentikasi Dua Faktor. Gunakan otentikasi dua faktor untuk menambah lapisan keamanan. Daripada mengandalkan SMS atau email, gunakan aplikasi autentikator.
  • Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan. Jika kamu ragu tentang keaslian sebuah tautan, lebih baik tidak mengkliknya. Ingat, rasa ingin tahu bisa berakibat fatal di dunia digital.
  • Edukasi Anak-anakmu: Ajarkan kepada anggota keluarga tentang pentingnya keamanan di media sosial. Dan bagaimana menjaga keamanan mereka secara online.
  • Atur Keamanan dan Privasi TikTokmu. Baca panduan kami untuk mengatur keamanan dan privasi di TikTok. Kamu juga bisa menggunakan layanan Privacy Checker gratis dari Kaspersky untuk mengonfigurasi privasi dan keamanan di media sosial, layanan online, dan aplikasi lainnya.

Demikian beberapa tips untuk mengamankan akun Tiktok mu. Jangan lupa untuk selalu mejaga privasi mu dengan baik.


Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.

Komentar kamu