Pengguna Facebook Jadi Target Scammer Lagi

facebook_scamJAKARTA, JUMAT – Pengguna Facebook berhati-hatilah. Ada metoda phishing baru yang menyasar kamu untuk memberikan akses ke username dan password kepada scammer.

Wujudnya adalah e-mail yang sepertinya berasal dari Facebook. E-mail ini memberitahukan para pengguna bahwa password mereka telah di-reset.  Untuk mendapatkan password baru, kamu diundang untuk membuka sebuah lampiran.  Celakanya, lampiran itu justru berisi pencuri password yang berpotensi mengakses semua password yang digunakan di mesin tersebut.

“Ancaman ini sangat berbahaya mengingat ada lebih dari 400 juta pengguna Facebook yang mungkin terkena penipuan ini,” kata lembaga sekuriti McAfee.

Namun  mereka yang  jeli akan  menemukan keanehan dengan e-mail tersebut. “Facebook tidak pernah mengirimkan e-mail yang memberitahu pengguna bahwa mereka telah mengubah password yang bersangkutan,” kata McAfee. Facebook biasanya akan mengirimkan sebuah tautan  yang mengarahkan pengguna ke password reset page.

“Tanda-tanda lain dari e-mail spam adalah penggunaan tatabahasa  yang buruk dan kalimat  yang aneh seperti kata sambutan ‘Dear user of facebook’,” kata McAfee.

Para pengguna disarankan untuk langsung membuang e-mail di atas tanpa membuka lampiran yang ada.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Pengguna Facebook Jadi Target Scammer Lagi

  • 22/03/2010 at 23:52
    Permalink

    ckckck, memang pengguna Facebook hrus lbih hati-hati dan jeli kalau tidak mau berurusan dgn scammer yg smakin gencar melakukan kejahatannya, dan pihak Facebook harus lbih menambah sistem keamanannya.

  • 26/03/2010 at 08:10
    Permalink

    aku juga hampir kena gan, bahkan e-mail kaya gitu dah beberapa kali aku dapetin….

    ngikut ngeshare artikel ni ya gan di blog aku, biar yang lain ngikut mbaca…

  • 30/03/2010 at 22:03
    Permalink

    wah berbahaya nih…. klo boleh kasih saran agar Facebook menyediakan sistem keamanan buat para pemakainya…mis. anti spam, dll.,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.