Duh, Update McAfee Bikin Crash PC XP Korporat

windowsxpJAKARTA, KAMIS – Sebuah update sekuriti yang cacat dari McAfee dilaporkan telah membuat ribuan mesin XP korporat di seluruh dunia crash.  Salah satu yang terkena adalah University of Illinois di Urbana-Champaign, dengan lebih dari 100.000 komputer.

Shutdown ini rupanya dipicu oleh DAT5958, yang menghapus file svchost.exe. Akibatnya restart tanpa akhir terjadi, dan fungsi jaringan pun raib.

Saat ini, McAfee mengkonfirmasi bahwa mereka menarik update tersebut dari server-server download korporatnya dan menekankan bahwa pengguna seharusnya tidak terpengaruh.

“McAfee sadar bahwa sejumlah pengguna mengalami false positive error akibat pemberitahuan malware yang tidak benar pada Rabu, 21 April. Masalah ini terjadi pada 5958 virus definition file (DAT) yang dirilis pada 21 April  jam 2.00 PM GMT+1 (6am Pacific Time).

“Penyidikan awal kami menunjukkan bahwa error itu bisa membuat masalah kinerja menengah sampai genting pada sistem-sistem yang menjalankan Windows XP Service Pack 3. Tim McAfee sedang bekerja dengan prioritas tertinggi untuk mendukung mereka yang terpengaruh dan berencana untuk memberikan file virus update segera.”

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.