Saturday, April 20, 2024
Berita Teknologi

AMD Zacate Salip Intel Core i5

SAN FRANCISCO, RABU – Seperti kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya, dimana saat Intel Developer Forum (IDF) sedang hingar bingar, AMD juga punya hal hebat yang ingin dipamerkan kepada dunia.

Tahun ini, pesaing terdekat Intel itu memamerkan keluarga mikroprosesor terbarunya, AMD Fusion Zacate. Selain Zacate, AMD bakal memperkenalkan Bulldozer untuk kelas PC high end / server,  Llano yang punya arsitektur 32 nanometer ganda serta Ontario yang bakal menghadang Intel Atom (netbook).

Karena target pasarnya notebook, tidak heran jika Zacate punya ukuran yang mini. Di dalamnya terbenam sepasang inti rendah energi serta sebuah prosesor grafis terintegrasi khas AMD yang sudah mendukung DirectX 11. Belum ada informasi tentang jumlah inti di prosesor ini, tapi yang jelas Zacate bakal memakai die yang dibuat dengan arsitektur 40 nanometer.

Ukuran prosesor AMD Fusion Zacate / Toms Hardware
Ukuran prosesor AMD Fusion Zacate (foto: Anand Tech)

Untuk menunjukkan kinerja Zacate, AMD menandingkannya dengan keluarga Core i5 milik Intel (notebook). Game City of Heroes pun dimainkan untuk menunjukkan performa keduanya. Hasilnya seperti yang tertera di gambar bawah:

Perbadingan kinerja Arrandale & Zacate / Toms Hardware
Perbadingan kinerja Arrandale & Zacate (foto: Anand Tech)

Terlihat, Intel Core i5 (Arrandale) mampu memroses grafis di kisaran 14 frame per detik. Sementara Zacate berada pada kisaran nilai 27 frame per detik.

Pengujian lain yang ditunjukkan AMD dengan mengoperasikan program Internet Explorer 9 sembari melakukan pembalikkan halaman (page flipping). Hasilnya, Arrandale hanya mampu bekerja di kisaran 14 frame perdetik, sementara Zacate berhasil mencatatkan nilai 47 frame per detik.

Pengukuran kinerja Arrendale & Zacate di IE 9 / Toms Hardware
Pengukuran kinerja Arrandale & Zacate di IE 9 (foto: Anand Tech)

AMD sendiri mengonfirmasi bahwa Zacate bakal siap diproduksi pada akhir tahun ini dan pada kuartal pertama 2011 sistem ini sudah meluncur ke pasaran. Belum ada harga resmi yang dirilis. Tapi yang jelas, notebook yang memakai Zacate dikatakan AMD bisa bertahan sampai 8 jam.

Referensi: Anand Tech

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

10 thoughts on “AMD Zacate Salip Intel Core i5

  • fariderny

    tapi harganya gmana ya…????

  • jhon tapia

    saya tunggu kedatangganmu AMD, teruslah berkarya…. i love you fulllllllllllll

  • ties ucie

    jadi penasaran, bener gak sih ???

  • i’ll be waiting for that,… sure!!!

  • saya kwatir, sebelum kau diluncurkan pihak intel akan mengeluarkan yg lebih jozz lagi, hadewh cape dee

  • E350 memang Bobcat bos 🙂

  • amd lover

    Weh..sudah pake ni, saya pakai a**r 4253 berbasis amd zacate e350, sudah saya pakai untuk main game Dead Space 2, DIRT2, Overlord…dan saya amaze ketika semua nya bisa berjalan.dimana dibanding yang berbasis i5 tersendat2! saya g nyangka laptop murah begini bisa untuk game-game terbaru. namun memang saya imbangi dengan kapasitas RAM 4GB Welldone AMD.

    SALUT buat AMD (murahnya itu lho!!)

  • amd lover

    Oya…harganya murah!! laptop saya hanya 3,6jt – 4jt. dibanding yang berbasis i5 harganya mencapai 6jtan.

Komentar kamu