Indonesia, Makin Penting Di Mata Taiwan

JAKARTA, SENIN – Siapa tak kenal produk komputer Taiwan? Acer, Asus, MSI, Transcend, Kingston, dan banyak lagi adalah merek-merek Taiwan yang tak lagi asing di kalangan konsumen Indonesia.

Ya, Indonesia memang merupakan mitra dagang terbesar ke-10 bagi Taiwan. Begitu kata Menteri Perekonomian Taiwan Shih Yen-Shiang saat berkunjung ke Jakarta akhir September lalu bersama 103 anggota kantor dagang Taiwan.

Yen Shiang mengutipkan laporan statistik tentang perdagangan bilateral antara Indonesia dan Taiwan mulai dari awal tahun sampai Agustus 2010 yang bernilai US$ 6,6 miliar. Angka ini meningkat 32,2% dibandingkan perioda yang sama tahun lalu. Pada perioda tersebut, nilai ekspor Taiwan mencapai US$ 2,9 miliar, atau tumbuh 57,1%, Sementara nilai impor Taiwan mencapai US$ 3,8 miliar, atau naik 16,6%. Taiwan, sebut Yen Shiang, sampai Juni 2010 sudah menginvestasikan US$ 14 miliar di Indonesia.

Dalam pertemuan yang menghadirkan 67 perusahaan Taiwan itu, Menteri perekonomian Taiwan menandaskan bahwa Indonesia adalah negara penting untuk investasi Taiwan di Asia Tenggara. Saat ini perusahaan-perusahaan Taiwan sedang mempertimbangkan negara kita sebagai lokasi investasi. Sebelumnya mereka rata-rata mendirikan pabrik di Cina, Namun semakin tinggi upah buruh dan hubungan kerja menyebabkan perusahaan Taiwan mulai melirik Indonesia.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

One thought on “Indonesia, Makin Penting Di Mata Taiwan

  • 04/10/2010 at 18:16
    Permalink

    bagus ituh biar orang2 IT dapat jatah kerja,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.