Jangan Masuki Situs Nobel Prize

JAKARTA, KAMIS – Ingin tahu siapa yang memenangkan hadiah Nobel? Hati-hati, khususnya jika kamu menggunakan browser Mozilla Firefox di komputer Windows.

Pengguna Firefox 3.5 dan 3.6 yang telah mengunjungi situs Nobel Prize Tulisan(http://nobelprize.org)  akan diinfeksi oleh sebuah Trojan yang membuat si penyerang bisa mengambil alih kendali komputer pengguna. Menurut vendor keamanan Norman yang melakukan analisis, begitu mesin terinfeksi, Trojan membuat registry keys yang otomatis akan aktif selama booting Windows.

Mozilla telah mengakui kerentanan tersebut dan sedang membuatkan penangkal. Sementara ini, mereka yang sudah terjangkit karena mengunjungi situs Nobel Prize akan mendapatkan bahwa fitur proteksi malware Firefox memunculkan pesan peringatan. Masalahnya, Mozilla tidak tahu apakah situs-situs web lain juga mengandung celah drive-by-download tersebut.

Agar ancaman itu tidak menjalar lebih jauh, Mozilla menyarankan kamu untuk menonaktifkan Javascript atau menggunakan add-on Noscript.

Serangan drive-by download makin disukai sebagai cara memasukkan malware kepada pengguna web. Namun sebenarnya celah penerjemah bahasa scripting seperti Javascript dan Microsoft ActiveX sudah dimanfaatkan hacker selama bertahun-tahun.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

5 thoughts on “Jangan Masuki Situs Nobel Prize

  • 28/10/2010 at 14:21
    Permalink

    Kalau browser yang lain gimana? aman gak??

  • 01/11/2010 at 06:54
    Permalink

    firefox ane nangkringnya diatas ubuntu, aman bro….

  • 01/11/2010 at 19:49
    Permalink

    PC plus……..thanks infonya

  • 01/11/2010 at 23:46
    Permalink

    Hihihi… baru aja tak coba, emang bener, ada aktifitas writing registry (katanya process monitor) dari browser. Bukan masalah, tinggal bunuh firefox pake task manager, trojannya mati juga & penulisan gak berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.