LCD AOC iF23, Tampil Menggoda

aoc-if23JAKARTA, SENIN – Sekilas pandang, AOC iF23 ini terlihat sangat elegan. Bingkainya mengilap dengan warna biru di bagian depan dan putih di bagian belakang. Ukuran layarnya, seperti namanya, 23”. Ia mengusung resolusi 1920×1080 (Full HD) 16:9 dengan DCR (dynamic contrast ratio) 100.000:1, tingkat terang 250 cd/m2, dan response time 6ms.

“Pakai panel IPS,” kata Bun Kim San (Business Manager, PT Mega Komputindo Lestari) bangga saat meluncurkan produk tersebut di Jakarta (15/10/2010). “Posisinya, high end jadi harga tidak terlalu murah, tetapi terjangkau,” tambahnya.

Apa istimewanya panel IPS (In-Plane Switching)?  Begini. Panel IPS saat ini masih jarang digunakan produsen monitor. Biasanya monitor yang beredar sekarang menggunakan panel TN (twisted nematic). Asal tahu saja salah satu vendor yang konsisten menggunakan panel IPS di jajaran produknya adalah Apple.

Panel IPS adalah teknologi dari pandangan “true wide”, yang menawarkan gambar yang konsisten dari nyaris sebarang sudut pandang. IPS juga merupakan teknologi “Real Colour”, yang berarti di layar gambar bisa ditayangkan dengan kedalaman yang lebih dan lebih sedikit pergeseran warna.

“Kelebihannya, sudut pandang 178o, dilihat dari segala arah bagus. Gambarnya lebih bagus dari Razor (salah satu seri LCD LED AOC yang juga diperkenalkan hari itu). Solid panel, padat, ditekan tidak akan berubah bentuk,” terang Kim San. Di layar ini, gambar-gambar berwarna cerah memang terlihat sangat bagus.

Kim San juga menyatakan bahwa iF23 didesain ala photo frame. Mungkin karena itulah monitor ini terlihat menawan. Sebuah dudukan di bagian belakang bisa diatur kemiringannya sehingga tayangan di layar enak dilihat. O ya, kalau mau, kamu juga boleh menggantung monitor ini (penyangganya opsional) di dinding.

aoc if23 blkg

O ya, LCD AOC iF23 datang dengan satu port D-Sub (VGA) dan koneksi DVI. Selain desain yang cantik, harga iF23 ternyata juga menawan. Monitor LED Full HD 23” ini, tutur Kim San,  dibandrol dengan harga hanya Rp 2,8 juta.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.