Bersiaplah, VGA akan Ditinggalkan

JAKARTA, SENIN – Konektor VGA analog sudah bertahan lebih dari 20 tahun. Sudah waktunya diistirahatkan, begitu menurut beberapa vendor utama.

Sudah ketinggalan jaman, dan sudah ada teknologi pengganti yang lebih efisien energi, lebih kecil ukurannya, dan mendukung resolusi yang lebih tinggi, demikian alasan mereka. Maka tahun 2015 dicanangkan sebagai tahun dilepaskannya dukungan bagi VGA oleh antara lain AMD, Intel, Dell, Lenovo, Samsung dan LG.

AMD berencana memimpin proses pelepasan VGA itu pada tahun 2013. AMD bahkan juga berniat melepaskan dukungan atas teknologfi LVDS (low voltage differential signalling) dan DVI-I. Produk-produk baru AMD pada tahun 2015 tidak akan menawarkan dukungan VGA. Dukungan DVI-I pun akan ditiadakan pada kurun waktu yang sama.

Intel pun melakukan hal yang sama.  Tahun 2013, Intel akan menghentikan dukungan LVDS pada prosesor  dan chipset PC client.

CTO (chief technology officer) AMD dari divisi grafis Eric Demers yakin DisplayPort 1.2 adalah interface masa depan bagi monitor PC dan HDMI 1.4a adalah langkah berikutnya untuk TV.

Sejak Maret, Samsung bahkan sudah merilis notebook yang mengemaskan port DisplayPort. Sementara itu LG menawarkan beragam LCD dengan output DisplayPort.

VGA diperkirakan akan tetap hadir di produk-produk lain, karena banyak proyektor dan monitor masih mendukungnya.  Berita baiknya, berkat adapter, DisplayPort kompatibel ke belakang dengan VGA dan DVI.

O ya, asal tahu saja Apple adalah produsen pertama yang menanggalkan dukungan VGA di produk-produknya dan mengadopsi DVI, lalu DisplayPort dan Mini DisplayPort untuk notebook dan desktop-nya. Standar DisplayPort basic diperkenalkan pada tahun 2007, tapi saat itu banyak Mac dan Cinema Display yang sudah menggunakan hanya output dgital.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

2 thoughts on “Bersiaplah, VGA akan Ditinggalkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: