Nokia Buat Strategi Baru, Lirik Android dan Microsoft?

Meski masih jadi vendor ponsel terbesar dunia dan juga pemegang pasar smartphone terbesar, ternyata Nokia ketar-ketir juga. Pasalnya, pangsa pasar smartphone perusahaan ini terus digerogoti oleh vendor-vendor yang bekerjasama dengan Google atau Microsoft.

“Nokia menghadapi sejumlah tantangan signifikan. Permainan telah berganti dari perang perangkat menjadi perang ekosistem, dan ekosistem yang kompetitif ini tengah meraup momentum dan pangsa pasar. Kebangkitan ekosistem ini merepresentasikan konvergensi luas antara mobilitas, komputasi, dan layanan…Sebagai tambahan dariperangkat yang hebat, kami mesti membangun, mempercepat dan/atau ikut ekosistem tyang kompetitif itu,” ujar Stephen Elop, Chief Executive Officer of Nokia, seperti dikutip dari Xbit Labs.

Pernyataan yang dilakukan melalui conference call ini diduga menjadi sinyal bahwa Nokia hendak melirik OS milik Google atau Microsoft, seperti ditulis Xbil Labs dan GigaOm. Elop menyatakan bahwa pihaknya akan mengadakan perubahan besar pada strategi smartphonenya, 11 Februari mendatang, ketika pertemuan investor dan analis finansial diadakan.

9 thoughts on “Nokia Buat Strategi Baru, Lirik Android dan Microsoft?”

  1. Gak akan mau nokia pake android.. kalo nokia pake android, tamatlah symbian & makin meroketlah android..

  2. Dear Nokia,

    Kalau Nokia gak mau kehilangan market share ( ditinggalkan customer)
    Nokia harus GEREGA beralih ke ANDROID….

    Nokia harua belajar dari pengalaman, seperti beberapa tahun silam
    bagaimana Blackberry merebut abis pemakai/pelanggan Nokia Cammunicator.

  3. Baguslah. . . mudah2an nokia dapat menguasai pasar dgan bergabung di os milik google/android tersebut. . .

  4. wah… kalo gini, nokia msti pake bbrapa OS, pake simbyan n android, tp kalo jadi bkin hape android, jgn bkin yg mhal2, bkin yg murah aja,…. hahahaha….

  5. kalo misalkan NOKIA emang beneran jadi kerja sama dengan Google & Windows
    pasti harga gadget bisa dikategorikan cukup high harganya …

  6. OS symbian dikembangkan oleh Nokia yang biasanya dipakai pada ponsel Nokia. Sementara Android dikembangkan oleh Google, berbasis Linux, sehingga sistem operasi ini gratis, jadinya banyak vendor yang pake deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *