Nokia E7, Ponsel Ciamik buat yang Produktif

JAKARTA, SENIN – Masih ingat Nokia Communicator? Yang model terakhirnya adalah E90? Nah, Nokia baru saja merevitalisasi jajaran Communicator-nya dengan model baru: E7.

Kalau Communicator seri-seri sebelumnya identik dengan kalangan bisnis yang sukses, E7 ini disebutkan sebagai mendefinisikan kembali komunikasi modern dan sukses. Ia bahkan dijuluki sebagai your way to success, alias akan menambah sukses pemiliknya.

Kok bisa begitu? Ya karena E7 ditujukan pada mereka yang fokus pada produktivitas saat berada di jalan. Dan mereka bukan hanya kaum bisnis, tapi segala golongan, termasuk artis, fotografer, wartawan dan lain-lain.

Ini tercermin dari fitur E7. Ponsel pintar dengan sistem operasi Symbian 3 ini disebutkan bisa menyajikan akses langsung, real-time dan aman ke e-mail, kalendar, kontak, tugas, dan daftar korporat via Microsoft Exchange, dan instant messaging korporat Office Communicator Mobile yang dibuat oleh Microsoft untuk ponsel pintar Nokia, juga Microsoft SharePoint. Aspek pengamanan data andai ponsel hilang pun sangat diperhatikan, dengan hadirnya aplikasi F-Secure AntiTheft. Ditambah dengan VPN untuk mengamankan akses intranet.

Selain mendukung kegiatan bisnis pemiliknya, E7 dapat dipakai bersenang-senang. Ini diamini oleh Afit Dwi Purwanto yang bersama Addie MS, Nia Dinata dan tiga orang lainnya telah didapuk sebagai ‘duta’ Nokia E7 . Aspek Fun yang dirujuk oleh pendiri warung makan steak Hollycow itu antara lain adalah OviMaps. OviMaps adalah peta digital yang menyajikan navigasi untuk berkendara dan berjalan kaki. Selain itu adalah Ovi Music yang mengijinkan pengunduhan lebih dari 2 juta lagu secara cuma-cuma.

“Ini adalah the new stylish Communicator,” tandas Irwan Hermawan (Product Marketing Manager, Nokia Indonesia) dalam acara jumpa pers di Jakarta tadi siang (21/2/2011).  Ditilik dari desain, E7 memang sangat berbeda dengan E90. “Kemampuannya juga jauh lebih unggul dibandingkan Communicator sebelumnya,” kata Irwan

Salah satu keunggulan itu adalah hadirnya layar sentuh 4” yang mendampingi panel keyboard full QWERTY secara fisik. Kedua-duanya bisa dipakai.  “Layarnya sangat terang. Proprietary, pakai ClearBlack AMOLED sehingga bisa dilihat di bawah sinar matahari,” tambah Bob McDougall (Country Manager, Nokia Indonesia) tentang ponsel pintar yang sudah dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan flash serta mampu merekam video HD 720p itu.

Keunggulan lainnya, rujuk, Irwan,  adalah digelarnya kerjasama data plan dengan semua operator GSM agar penggunaan Internet secara terus-menerus di ponsel pintar ini tidak mencekik leher. Paket data yang ditawarkan mencakup layanan Nokia Messaging Unlimited Data Plan (push email, chat, dan sosial-FB dan Twitter). Boleh pilih mau harian, mingguan atau bulanan. Juga bebab pilih operatornya: Indosat, Telkomsel,  XL, 3.

Paket harian termurah adalah Rp 1500 dari operator 3, sedangkan operator Indosat menagihkan Rp 9000 per hari. Jika tak mau repot, tersedia paket Bundling Nokia E7 Telkomsel dengan fasilitas gratis paket data unlimited Nokia selama 6 bulan dan versi penuh games Angry Birds.

Tertarik memiliki Nokia E7? Siapkan dulu dana Rp 5,999 juta.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

12 thoughts on “Nokia E7, Ponsel Ciamik buat yang Produktif

  • 22/02/2011 at 22:03
    Permalink

    seberapa cepatkah akses internet E7 bila dibandingkan dengan E90 ??

  • 24/02/2011 at 20:26
    Permalink

    Jika dibandingkan dgn Blackberry, saya lebih memilih BB karena selain harganya yg lebih murah, fitur BB utk bisnis pun lebih baik. JADI faktor apa yg mengharuskan saya utk membeli nokia yg mahal dan fitur yg kurang. PEMBOROSAN dan Buang-buang uang saja NOKIA E7 ini. NOKIA benar2x tdk mendidik. FITUR KAKI LIMA HARGA BINTANG LIMA.

  • 25/02/2011 at 23:36
    Permalink

    @mahadewa:: :O

    emang BB mendidik gan??

    hal sepele jah BB dari segi interface ngebosenin fitur utama Cuma BIS,BBM,dn di kalangn ank muda paling cuma “Facebook for blacberry”nya doang yg bikin ngiler…game paling2 game java,gak sebagus game symbian (N-GAGE) bhkan grafik.x menurut ane menang N-gage game ketimbng yg di iphone

    jauh sebelum BB tenar kyk skrng.. Symbian dah bertaun2 megang pasar mobile gk da yang nyaingin.. OSnya pun bsa di otak atik ,,gimana ma OS BB?? cuma menang lifestyle..

    so di fikir nalar mateng dulu dah klo mw koment.

  • 26/02/2011 at 20:40
    Permalink

    Nokia E7 hanya unggul di kamera saja. Sementara kalau internet masih memakai GPRS/HSDPA yang kecepatannya tidak stabil, tidak bisa memakai internet dengan maksimal. Lebih baik memakai BB Storm 2 yang internetnya lebih stabil & fasilitas kirim pesannya lebih baik. Fitur businessnya juga lebih baik dari Nokia E7.

  • 27/02/2011 at 09:03
    Permalink

    @mahadewa: sudah tahukah anda bahwa blackberry adalah ponsel sejuta umat..? dari sopir angkot sampai pengusaha pakai bb.. nokia E7 offers PRESTIGE..

  • 02/03/2011 at 23:32
    Permalink

    BB tu pke AMOLED gk Gan? Kamerany brp Mp? Talk timeny brp lama? Ane mo bli BB tp yg mn? Klo ada yg specny persis E7, BB hrg brp y?

  • 03/03/2011 at 00:10
    Permalink

    kerennn…..
    udah kyk bb torch nih,

  • 04/03/2011 at 21:02
    Permalink

    sesama penjual, dilarang saling berantem ya!

  • 06/03/2011 at 20:39
    Permalink

    @vincent:
    justru menurut saya e7 kalah dibidang kamera
    karena masi fix focus
    cuman, kalo buat internetan
    saya pilih e7
    karena layarnya amoled
    n support flash
    bb storm browsernya sampah

  • 14/03/2011 at 11:34
    Permalink

    kl bb ada office-nya ga?
    kan kita harus melihat semua fitur baru bisa melihat mahal atau murah.
    kebutuhan & kemampuan tiap orang berbeda.

  • 03/05/2012 at 23:20
    Permalink

    mau tanya mas Bryn
    aq punya Hp E7 dikasih sama big boss
    cuma pas mau masuk ke OVI n Jejaring Sosial harus masukan password
    gmana cara menghilangkan passwordnya ?

    saya sudah tanyakan ke boss yang ngasih hp.. dia juga gk tau passwordnya soalnya pada saat beli passwordnya itu disettingkan sama orang nokia langsung..

    terima kasih banyak…

    [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.