NSN Siapkan Platform Cloud bagi Indosat

JAKARTA, SELASA – Cloud computing sedang naik daun. Maka segala yang berbau cloud pun merebak, tak terkecuali aplikasi-aplikasi baru dan inovatif berbasis cloud. Maka salah satu penyedia layanan jaringan, Nokia Siemens Networks (NSN), bersiap menyediakan platform baru untuk Indosat. Model layanan berbasis cloud itu diharapkan akan mendorong pengembang lokal membangun aplikasi-aplikasi baru dan inovatif untuk pengguna.

Platform pengembangan telco asset marketplace berbasis cloud NSN itu, begitu ditulis dalam rilis persnya, memungkinkan para pengembang aplikasi mengakses aset jaringan dengan mudah dan hemat biaya. Sebab investasi modalnya tidak sebesar yang diperlukan untuk platform pengembangan normal. Apalagi, telco asset marketplace akan terintegrasi erat dengan Service Delivery Framework (SDF) Nokia Siemens Networks yang sudah terpasang di Indosat.

Telco asset marketplace akan memungkinkan Indosat secara aman membuka Application Programming Interfaces (API) yang dimilikinya bagi pengembang dengan menggunakan mekanisme dan kontrol keamanan terbaik. Akibatnya, para pengembang dapat lebih mudah meraih keuntungan finansial dari aplikasi-aplikasinya melalui pengenaan biaya untuk pembelian aplikasi oleh pengguna prabayar maupun paca-bayar.

“Para pengembang aplikasi, yang membangun aplikasi untuk berbagai jenis handset, sistem operasi dan mobile web, akan meraih manfaat dari kemampuan pengiriman pesan dan penghitungan biaya (charging) serta informasi lokasi yang secara alami dimiliki oleh kami selaku penyedia layanan,” kata Stephen Hobbs, director dan chief technology officer Indosat.

Contoh telco asset marketplace dan beberapa solusi berbasis cloud baru lain akan dipamerkan NSN pada Mobile World Congress, 2011 di Barcelona, Spanyol. Solusi itu meliputi sebuah portal pengiriman pesan yang menyediakan platform bisnis baru bagi para operator untuk layanan pengiriman pesan, dengan menggunakan kanal media sosial, sebuah pasar jual beli konektivitas yang membantu para operator menjual dan membeli konektivitas dan kapasitas secara on-demand dan platform mesin-ke-mesin berbasis cloud

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.