iPad2, Lebih Langsing dan Gegas

JAKARTA, KAMIS – Banyak yang menunggu kehadiran penerus generasi iPad pertama yang diluncurkan 2010 lalu. Itulah mengapa, ketika Apple akhirnya mengumumkan iPad2 pada 2 Maret kemarin, banyak penggemar iPad yang mulai mencari cara untuk segera mendapatkannya.

Tapi sebelum kamu berniat beli, ingat-ingat dulu pepatah yang berkata “tak kenal maka tak sayang,” ada baiknya mengenal dulu seperti apa sih iPad2 ini. Hasil semedi PCplus semalaman ini mendapatkan hasil sebagai berikut:

Layar

Dari segi ukuran, Apple tidak mengubah besaran layarnya di iPad2, alias masih berukuran 9,7 inci (25cm). Teknologi Retina Display yang dibenamkan Apple di iPhone 4 yang membuat banyak orang terkagum-kagum ternyata belum diterapkan di iPad2

Berbadan Langsing dan Ringan

Dibanding iPad1, iPad2 punya badan yang lebih langsing. Ia 33 persen lebih tipis dibanding pendahulunya, bahkan kalau dibandingkan dengan iPhone 4 iPad 2 masih lebih tipis. Ini juga yang membuat bobot keseluruhan perangkat jadi lebih ringan 19 persen dibanding iPad1 yang punya berat 680gram sampai 730 gram.

Kini Berkamera

Tablet memang tak lengkap jika belum punya kamera. Itulah sebabnya iPad2 kini membenamkan 2 kamera sekaligus, 1 kamera menghadap depan untuk menyokong fitur FaceTime yang dimilikinya, dan 1 kamera lagi menghadap belakang dan bisa merekam video sampai resolusi 720p.

Daya Tahan Baterai (masih)  10 Jam

iPad2 mengklaim memiliki daya tahan baterai selama 10 jam jika dipakai nonstop. Ini berarti sama dengan versi terdahulu yang juga punya data tahan baterai selama itu. Cuma saja, iPad2 yang lebih tipis dari sisi desain namun punya daya tahan baterai selama itu pastilah menjadi kelebihan tersendiri.

Prosesor Dual Core

Meskipun masih berkecepatan 1GHz, tapi iPad2 membenamkan prosesor generasi terbaru dengan inti ganda. Prosesor Apple A5 dengan basis desain arsitektur ARM Cortex A9 ini menggantikan Apple A4 di produk terdahulu demi meningkatkan kinerja dan kemampuan multi tasking aplikasi yang berjalan di iPad2.

Kinerja Grafik Lebih baik

Janji Steve Jobs untuk memperbaiki kinerja grafik di iPad dibuktikannya di peroduk ini. Meskipun masih mengusung teknologi PowerVR SGX, beberapa orang yang mencoba memainkan game “berat” di iPad2 merasakan perbaikan yang signifikan dibanding saat menjalankannya di iPad1.

iOS 4.3

Sistem operasi mobile terbaru ini menjadi OS default di iPad. Banyak kelebihan yang dimilikinya, termasuk browser Safari yang kini lebih gesit, iTunes Home Sharing dan penyempurnaan pada AirPlay.

Fasilitas Baru Lain

Selain jeroan produk dan fitur pelengkap yang mengalami perubahan, Apple tidak ketinggalan melengkapi iPad2 dengan beberapa fasilitas tambahan, diantaranya konektor HDMI untuk menghubungkan iPad2 ke display eksternal, serta koneksi High Speed Uplink Packet Access (HSUPA) untuk menambah cepat koneksi di jalur nirkabel.

Belum ada kabar resmi kapan iPad akan masuk ke pasar Indonesia. Yang jelas, Apple Amerika resmi memasarkan iPad2 mulai 11 Maret 2011 mendatang dengan harga mulai dari 499 dolar per unitnya.

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

7 thoughts on “iPad2, Lebih Langsing dan Gegas

  • 03/03/2011 at 14:35
    Permalink

    mantab, kapan nich masuk ke indonesia

  • 07/03/2011 at 12:38
    Permalink

    harganya berapa nih???
    pasti mahal banget ….

  • 08/03/2011 at 22:22
    Permalink

    Good news,tp kalo lbh kecil lsgi hmmm pasti makin mantab,ill be wait for next new

  • 11/03/2011 at 21:27
    Permalink

    WAH SAYA INGIN JADI PEMBELI PERTAMA DI INDONESIA

  • 12/03/2011 at 10:36
    Permalink

    Woouuww, pasti mahal kale !!

  • 12/03/2011 at 19:30
    Permalink

    Katanya 6 bln lg br nyampe ya?

  • 07/04/2011 at 12:38
    Permalink

    saya sudah mendapatkan harga cukup mahal klu diamrik kok murah ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.