Facebook Upgrade Situs Mobile-nya

JAKARTA, SENIN – Kalau sedang senggang, termasuk saat nunggu bus Transjakarta yang nggak datang-datang, paling enak memang buka Facebook. Sayangnya situs jejaring sosial itu tidak selalu tampil bagus ketika ditayang di ponsel-ponsel yang berbeda.

Untuk mengatasi hal ini, Facebook telah mengumumkan upgrade besar-besaran terhadap situs mobile-nya, facebook.com.

Dalam blog resmi Facebook dijelaskan bahwa Facebook telah mencoba menciptakan pengalaman mobile untuk ponsel-ponsel tertentu. Karena itulah, untuk perangkat mobile yang tidak terlalu kaya fitur, tersedia situs m.facebook.com. Juga ada touch.facebook.com untuk perangkat berlayar sentuh.

Namun ini juga berarti bahwa setiap kali Facebook merilis sebuah fitur baru, kode baru untuk situs facebook.com, m.facebook.com, touch.facebook.com dan aplikasi-aplikasi native harus disegarkan. Proses ini tidak hanya menghabiskan waktu, tapi juga tidak efisien.

Dalam blog dijelaskan bahwa pendekatan ini telah membatasi pengalaman Facebook berbasiskan kemampuan dari ponsel dengan kinerja terlemah. Ini berarti Facebook tidak bisa menggunakan JavaScript yang tidak akan bekerja pada ponsel-ponsel tertentu. Dengan cara sama, situs  terpaksa menerapkan CSS yang terbatas di situs untuk layar sentuh.

Dengan pendekatan baru, tulis blog, “m.facebook.com baru (memungkinkan) para pengguna dengan perangkat berlayar sentuh papan-atas melihat antarmuka touch-friendly yang kaya; bagi pengguna dengan ponsel berfitur, situs ini akan tampil dan bekerja bagus.”

Selain itu, fitur-fitur baru ini akan meluncur di ponsel lebih  cepat, tanpa membedakan antara m.facebook.com dan touch.facebook.com.

Situs yang sudah di-upgrade ini sekarang dimotori oleh UI framework berbasiskan XHP, Javelin, dan WURFL, agen database mapping user terinci untuk kemampuan perangkat.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Facebook Upgrade Situs Mobile-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.